PROGRAM PENERAPAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SISWA DI SMA NEGERI 1 TAYU


Anggun Cahyaning Wulandari, 1102418055 (2023) PROGRAM PENERAPAN LITERASI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN SISWA DI SMA NEGERI 1 TAYU. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102418055_Anggun Cahyaning Wulandari.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Perkembangan teknologi dan informasi menyebabkan adanya tuntutan untuk mencetak generasi yang mampu menguasai ketrampilan 4C (Critical Thingking, Creative, Comunnication, and Collaboration). Berdasarkan hasil PISA tahun 2018, Indonesia menempati urutan ke-6 dari bawah perihal literasi. Sehingga upaya yang dapat dilakukan dalam mengembangkan kemampuan literasi siswa dengan memanfaatkan teknologi yaitu melalui penerapan literasi digital. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan program penerapan literasi digital pembelajaran siswa di SMA Negeri 1 Tayu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Tayu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa program penerapan literasi digital dalam pembelajaran di SMA Negeri 1 Tayu berdasarkan manajemen program meliputi tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap evaluasi. Pada tahap perencanaan terdiri dari 6 tahapan melakukan prakiraan atau latar belakang diselenggarakannya program, menetapkan tujuan, menyusun perencanaan program, menyusun anggaran atau pengalokasian dana, mengembangkan prosedur atau merancang strategi pelaksanaan program, dan menetapkan interpretasi kebijakan program. Pada tahap pelaksanaan terdiri dari jumlah pelatihan literasi digital yang diikuti oleh kepala sekolah, guru, dan tenaga kependidikan, intensitas Penerapan dan Pemanfaatan Literasi Digital dalam Kegiatan pembelajaran, dan tingkat pemahaman kepala sekolah, guru, tenaga kependidikan, dan siswa dalam menggunakan media digital dan internet. Manfaat yang didapat selama program penerapan literasi digital yaitu menunjang pembelajaran, akses ilmu tanpa batasan ruang dan waktu, mudah dalam mencari informasi, mempermudah penyampaian materi kepada siswa, inovasi untuk mengatasi rasa bosan dalam belajar, hingga memudahkan praktikum. Ditemukan juga faktor pendukung penerapan literasi digital dalam pembelajaran siswa di SMA Negeri 1 Tayu yaitu kesadaran dan kualitas SDM di sekolah, sarana dan prasarana yang ada di sekolah, motivasi guru dan siswa, perkembangan jaman dan teknologi, dorongan orang tua dan diri sendiri. Sedangkan, faktor penghambat penerapan literasi digital yaitu jaringan internet yang lemot, tidak semua siswa terfasilitasi gadget yang support, kemampuan pemahaman siswa yang berbeda, peningkatan kecurangan saat tes menggunakan aplikasi, dan kurangnya kesadaran diri untuk belajar. Saran bagi sekolah agar lebih memaksimalkan sarana dan prasarana yang mendukung keterlaksanaan program seperti penambahan titik WiFi agar semua kelas dapat terjangkau jaringan internet yang stabil. Selain itu, diharapkan lebih banyak pelatihan terkait pengembangan skill khususnya literasi digital untuk pendidik maupun peserta didik agar tingkat kompetensi individu semakin meningkat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: program, literasi digital, pembelajaran
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:47
Last Modified: 04 Oct 2024 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64538

Actions (login required)

View Item View Item