Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SD Negeri 1 Kutosari
Alfani Alfradina, 1102418051 (2022) Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SD Negeri 1 Kutosari. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini menguraikan tentang Pengaruh Pembelajaran Berbasis STEAM Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa di SD Negeri 1 Kutosari. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa saat proses pembelajaran berlangsung siswa masih kurang antusias melakukan kegiatan pembelajaran karena metode pembelajarannya masih belum bervariasi sehingga kurang memberikan stimulus yang menunjang kreativitas siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut guru harus mencari soluasi supaya kreativitas siswa dapat meningkat. Sehingga diperlukan sebuah pendekatan pembelajaran yang dapat menumbuhkan keterampilan berpikir kreatif siswa, yaitu pendekatan pembelajaran berbasis STEAM. Adapun tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pembelajaran berbasis STEAM terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di SD Negeri 1 Kutosari. Metode yang digunakan adalah penelitian kuantitatif yang bersifat deskriptif dengan model korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 1 Kutosari. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah simple random sampling sebanyak 30 siswa. Variabel bebas (X) dalam penelitian ini adalah pembelajaran berbasis STEAM dan variabel terikat (Y) keterampilan berpikir kreatif siswa. teknik pengumpulan data menggunakan angket. Berdasarkan hasil analisis data penelitian ini membuktikan bahwa pembelajaran STEAM dalam kategori baik (53%) dan keterampilan berpikir kreatif siswa dalam kategori sangat baik (57%). Melalui analisis regresi sederhana hasil yang diperoleh adalah koefisien X adalah sebesar 0,777 dan konstanta 1,241. Nilai signifikansi atau p value yaitu 0,000, dengan demikian 0,000<0,05. Sehingga dinyatakan bahwa variabel X (Pembelajaran Berbasis STEAM) mempengaruhi variabel Y (Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa). Dengan kata lain, adanya pembelajaran berbasis STEAM terdapat pengaruh terhadap keterampilan berpikir kreatif siswa di SDN 1 Kutosari.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Pembelajaran Berbasis STEAM, STEAM, Keterampilan Berpikir Kreatif |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) > Interactive Learning L Education > L Education (General) > craft development |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:44 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64537 |
Actions (login required)
View Item |