EVALUASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SMP AL ISLAM GUNUNGPATI


Puji Arini, 1102418046 (2023) EVALUASI PROGRAM KAMPUS MENGAJAR MENGGUNAKAN MODEL CIPP (CONTEXT, INPUT, PROCESS, PRODUCT) DI SMP AL ISLAM GUNUNGPATI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102418046_Puji Arini.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Program Kampus Mengajar adalah program dari Kemendikbudristek yang bertujuan untuk membantu guru dalam mengajar di kelas dan menjalankan program-program untuk meningkatkan aspek literasi, numerasi, membantu adaptasii teknologi dan administrasi. SMP Al Islam Gunungpati merupakan salah satu sekolah sasaran Program Kampus Mengajar 4 yang memiliki kendala kurangnya tenaga pendidik dan terdapat tujuh siswa kelas VII yang masih belum bisa membaca, menulis dan berhitung. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mendeskripsikan tujuan, perencanaan, pelaksanaan dan hasil pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SMP Al Islam Gunungpati. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan desain penelitian evaluatif. Model evaluasi yang digunakan adalah CIPP yang meliputi aspek konteks, input, proses dan hasil program. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Adanya relevansi antara kebutuhan sekolah dengan tujuan Program Kampus Mengajar, 2) Mahasiswa telah melakukan pembekalan dan perencanaan sebelum menjalankan program dan ketersediaan sarana dan prasarana sudah cukup untuk mendukung keberjalanan program, 3) Proses pelaksanaan Program Kampus Mengajar sudah cukup baik, walaupun terdapat beberapa hambatan dalam pelaksanaan di lapangan, 4) Program Kampus Mengajar memberikan dampak positif bagi sekolah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi Program, Model CIPP, Program Kampus Mengajar
Subjects: Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:41
Last Modified: 04 Oct 2024 03:41
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64536

Actions (login required)

View Item View Item