Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Siswa Kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung,Grobogan


Wahyu Retnoningsih , 2101407166 (2011) Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Siswa Kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung,Grobogan. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Siswa Kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung,Grobogan]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Mengapresiasi Cerpen dengan Pendekatan Kooperatif Tipe Think-Pair-Share (TPS) Siswa Kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung,Grobogan) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Sastra merupakan bagian yang sangat penting dari peradaban di dunia ini. Masyarakat yang beradab dapat diartikan sebagai masyarakat yang mempunyai sopan santun dan budi pekerti juga dapat diartikan sebagai masyarakat yang santun dan telah maju tingkat kehidupan lahir batinnya. Apa yang tergambar pada masyrakat yang santun dan baik budi pekerti itu banyak diungkap dalam karya sastra dari dulu sampai sekarang. Berdasarkan hasil observasi awal yang dilakukan peneliti, kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung Kabupaten Grobogan masih rendah. Hasil yang diperoleh belum mencapai KKM yang ditentukan, yaitu 75. Hal ini disebabkan oleh cara guru menyampaikan materi tidak menggunakan pendekatan yang membuat siswa aktif dan strategi mengajar guru yang kurang bervariasi, siswa kurang berminat atau bosan membaca karya sastra terutama cerpen dan penguasaan kosakata siswa terbatas sehingga siswa kurang memahami cerpen. Oleh karena itu, sebagai upaya untuk memperbaiki kondisi tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model pembelajaran yang dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi siswa. Model pembelajaran yang digunakan adalah model pembelajaran kooperatif dengan tipe Think-Pair-Share (TPS) yang diharapkan dapat meningkatkan kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung Kabupaten Grobogan. Permasalahan yang menjadi bahan kajian pada penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut (1) bagaimanakah kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas XF SMA N 1 Karangrayung dengan pendekatan kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS), dan (2) bagaimana perubahan perilaku belajar siswa kelas kelas XF SMA N 1 Karangrayung dalam mengapresiasi cerpen dengan pendekatan kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Tujuan yang akan dicapai dalam penelitian ini adalah sebagai berikut (1) mendeskripsikan peningkatan kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas XF SMA N 1 Karangrayung dalam mengapresiasi cerpen dengan pendekatan kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) dan (2) mendeskripsikan perubahan perilaku belajar siswa kelas XF SMA N 1 Karangrayung dalam mengapresiasi cerpen dengan pendekatan kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu siklus I dan siklus II dengan target nilai rata-rata kelas atau ketuntasan minimal, yaitu 75. Subjek penelitian ini adalah kemampuan mengapresiasi cerpen siswa kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung Kabupaten Grobogan. Penelitian ini menggunakan dua variabel, yaitu variabel kemampuan mengapresiasi cerpen dan model pembelajaran kooperatif tipe Think-Pair- Share (TPS). Pengumpulan data pada siklus I dan siklus II menggunakan teknik tes dan nontes. Teknik tes berupa kemampuan mengapresiasi cerpen menggunakan model pembelajaran kooperatif kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS). Teknik nontes berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi foto. Teknik analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Kriteria penilaian kemampuan mengapresiasi cerpen dengan pendekatan kooperatif tipe Think-Pair-Share (TPS) pada siklus I meliputi tujuh aspek, yaitu: (1) tema; (2) tokoh dan penokohan; (3) latar; (4) alur; (5) sudut pandang; (6) amanat; dan (7) kaitan cerpen dengan nilai kehidupan sehari-hari. Kemampuan mengaprsiasi cerpen siswa kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung, Grobogan mengalami peningkatan setelah diterapkan pembelajaran mengapresiasi cerpen dengan pendekatan kooperatif tipe Think-pair-Share (TPS). Nilai rata-rata klasikal pada siklus I sebesar 64,10 yang masuk dalam kategori cukup. Hasil tersebut belum memenuhi KKM yang sudah ditentukan, yaitu 75. Sementara itu, nilai rata-rata klasikal pada siklus II sebesar 79,15 yang masuk dalam kategori baik. Hasil tersebut sudah memenuhi KKM yang ditentukan. Dengan demikian, terjadi peningkatan hasil kemampuan mengaprsiasi cerpen sebesar 15,05 dari siklus I ke siklus II. Perilaku siswa kelas XF SMA Negeri 1 Karangrayung, Grobogan setelah mengikuti pembelajaran mengapresiasi cerpen dengan pendekatan kooperatif tipe Think-pair-Share (TPS) mengalami perubahan ke arah positif. Perubahan tingkah laku siswa ini dapat dibuktikan dengan teknik nontes. Teknik nontes tersebut antara lain berupa observasi, catatan harian siswa, catatan harian guru, wawancara, dan dokumentasi foto. Berdasarkan hasil teknik nontes pada siklus I, masih tampak perilaku negatif siswa saat pembelajaran berlangsung. Pada siklus II tingkah laku negatif siswa semakin berkurang dan tingkah laku positif siswa semakin bertambah. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti menyarankan kepada guru bahasa dan sastra Indonesia hendaknya berperan aktif sebagai inovator dan fasilitator dalam memilih model dan teknik pembelajaran. Bagi para peneliti lain dapat melakukan penelitian serupa dengan kajian yang berbeda.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: mengapresiasi cerpen, pendekatan kooperatif, Think-Pair-Share (TPS)
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2011 02:27
Last Modified: 25 Apr 2015 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6453

Actions (login required)

View Item View Item