IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OLEH SANTREN KODING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WELERI
Nichayatul Mahmudah, 1102415093 (2023) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN OLEH SANTREN KODING DI SMK MUHAMMADIYAH 1 WELERI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) merupakan pendidikan menengah yang mempersiapkan peserta didik terutama untuk bekerja dalam bidang tertentu. Pendidikan kejuruan diarahkan untuk mempelajari bidang khusus agar lulusan memiliki keahlian tertentu dan dapat mengembangkan karirnya supaya bekerja secara produktif. Pada kenyataanya pada tahun 2019 lalu menurut Badan Pusat Statistik (BPS) lulusan SMK menjadi penyumbang tingkat pengangguran terbuka tertinggi sekitar 6,8 juta jiwa yakni sekitar 10,42% dari TPT (Tingkat Pangangguran Terbuka). SMK Muhammadiyah 1 Weleri merupakan salah satu sekolah yang menyelenggarakan pendidikan kejuruan dengan kompetensi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) yang menjalin kerjasama dengan Santen Koding dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengungkap dan menganalisis implementasi pembelajaran Santren Koding di SMK Muhammadiyah 1 Weleri dan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Cara pengambilan data menggunakan tiga cara yaitu wawancara, observasi dan studi dokumentasi. Informan terdiri dari kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, guru prodi RPL, siswa, CEO Santren Koding, dan Instruktur Santren Koding. Teknik keabsahan data yang digunakan menggunakan triangulasi. Triangulasi yang dipakai terdiri dari triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil dari penelitian ini yaitu perencanaan yang dilakukan dalam pembelajaran Santren Koding dilakukan dengan menentukan tujuan, menentukan kurikulum yang digunakan, serta menentukan sarana dan prasarana yang dibutuhkan pada saat proses pembelajaran. Pelaksanaan pembelajaran santren Koding dilakukan dengan menggunakan model pembelajaran project base learning yang mana siswa ditntut untuk belajar mandiri. Hasil belajardapat dikatakan efektif sesuai dengan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dan mampu memberikan inovasi dalam proses pembelajaran kedepannya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Implementasi, Santren Koding, Pjbl |
Subjects: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Teknologi Pendidikan, S1 L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 03:20 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64529 |
Actions (login required)
View Item |