PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI, BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SISWA DI SD NEGERI LANGENHARJO 01 GROGOL


ABDILLA DWI PURWANINGRUM, 1102418006 (2023) PEMBELAJARAN TATAP MUKA PASCA PANDEMI, BERPIKIR KRITIS DAN KOMUNIKASI SISWA DI SD NEGERI LANGENHARJO 01 GROGOL. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 1102318006_Abdilla Dwi Purwaningrum.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Kebijakan pembelajaran tatap muka pasca pandemi yang diberlakukan dalam proses belajar-mengajar di satuan pendidikan diharapkan dapat dimulai kembali untuk meningkatkan kualitas belajar peserta didik. Pada proses pelaksanaannya tentu disesuaikan dengan prtokol kesehatan seperti menggunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan, meregangkan tempat duduk. Penelitian ini bertujuan mengetahui pelaksanaan pembelajaran tatap muka pasca pandemi covid-19 terhadap berpikir kritis dan komunikasi siswa di SD Negeri Langenharjo 01 Grogol. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, pendekatan kualitatif deskriptif. Hasil Penelitian menunjukan saat pelaksanaan pembelajaran pasca pandemi terkait bagaimana berpikir kritis serta komunikasi peserta didik yang dilakukan dengan berbagai macam strategi supaya berjalannya proses pembelajaran, tentu tetap menerapkan protokol kesehatan untuk mengajarkan peserta didik arti kebiasaan hidup bersih dalam proses belajar sebab pembelajaran tatap muka secara tidak langsung mengharuskan peserta didik dapat menerima, mengingat, menganalisis, menguji, menyimpulkan dan mengkomunikasikan yang dapat terjadi dengan saling berinteraksi dengan peserta didik lainnya maupun pendidik. Mengenai berpikir kritis peserta didik dapat mengembangkan kreativitas dan mampu mendeskripsikan, mencermati materi dan menerapkan dalam kehidupan, menyimpulkan, bisa memanfaatkan referensi untuk menguji kebenaran jawaban sementara dan menyimpulkan hasil diskusi, mempresentasikan serta melakukan perbandingan hasil dari nilai satu dengan lainnya yang telah didapat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Tatap Muka Pasca Pandemi Covid-19, Berpikir Kritis, Komunikasi siswa
Subjects: L Education > L Education (General) > Learning Model
L Education > L Education (General)
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Teknologi Pendidikan (S1)
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 04 Oct 2024 03:05
Last Modified: 04 Oct 2024 03:05
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64524

Actions (login required)

View Item View Item