HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN AKTUALISASI DIRI REMAJA KORBAN BULLYING DI SALAH SATU SEKOLAH KABUPATEN DEMAK
Farihatun Nisa, 1301418081 (2023) HUBUNGAN ANTARA PENERIMAAN DIRI DENGAN AKTUALISASI DIRI REMAJA KORBAN BULLYING DI SALAH SATU SEKOLAH KABUPATEN DEMAK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Fenomena bullying menimbulkan kekhawatiran bagi masyarakat. Berbagai dampak negatif timbul akibat adanya perilaku bullying. Disamping itu, setiap manusia memiliki kebutuhan untuk diakui keberadaannya dalam masyarakat, serta pemenuhan kebutuhan untuk mencapai tugas-tugas perkembangan yang lebih baik. Aktualisasi diri merupakan kebutuhan manusia tertinggi dalam hierarki kebutuhan Maslow. Korban bullying juga dapat memenuhi kebutuhan aktualisasi dirinya tanpa terkecuali. Namun dalam memenuhi kebutuhan aktualiasi diri pada korban bullying tidaklah mudah. Korban bullying harus dapat berdamai dengan dampak yang diterimanya, melewati proses untuk dapat menerima dirinya sendiri sehingga dapat menjadi pribadi yang sehat dan berkembang untuk menunjukkan dirinya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara penerimaan diri dengan aktualisasi diri remaja korban bullying di salah satu sekolah Kabupaten Demak. Penelitian ini fokus pada variabel penerimaan diri dan aktualisasi diri korban bullying. Jenis Penelitian yang dilakukan adalah penelitian kuantitatif dengan desain korelasional. Populasi dalam penelitian ini merupakan korban bullying di salah satu sekolah Kabupaten Demak. Sampel diambil dengan teknik total sampling dengan jumlah 93 korban bullying. Pengumpulan data dilakukan menggunakan skala psikologis berupa skala aktualisasi diri dan skala penerimaan diri. Hasil uji validitas dan reliabilitas skala aktualisasi diri menghasilkan 35 item yang akan diteliti pada sampel, dan dinyatakan reliabel dengan nilai r hitung sebesar 0,810. Sedangkan skala penerimaan diri menghasilkan 24 item yang akan diteliti pada sampel, dan dinyatakan reliabel dengan nilai r hitung sebesar 0,733. Hasil penelitian ini dianalisis menggunakan dua metode yaitu 1) Analisis deskriptif, untuk mengetahui tingkat penerimaan diri dan tingkat aktualisasi diri korban bullying di salah satu sekolah Kabupaten Demak; dan 2) Analisis regresi linier sederhana untuk mengetahui uji hipotesis penelitian. Hasil analisis deskriptif menunjukkan aktualisasi diri pada korban bullying berada pada kategori tinggi dengan nilai mean sebesar 131,98 dan standar deviasi sebesar 12,465. Sedangkan penerimaan diri pada korban bullying juga berada pada kategori tinggi dengan nilai mean sebesar 87,58 dan standar deviasi sebesar 9,984. Hipotesis dinyatakan diterima dengan nilai t hitung 9,465 > t tabel 1,986 atau dilihat dari nilai signifikansi yaitu 0,000 < 0,05. Maka dari itu, dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan antara penerimaan diri dengan aktualisasi diri korban bullying di salah satu sekolah Kabupaten Demak. Untuk mengkaji secara lebih mendalam dapat melakukan penelitian pada responden yag lebih luas, serta meneliti faktor lain yang dapat mempengaruhi aktualisasi diri pada korban bullying.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Penerimaan Diri, Aktualisasi Diri, Korban Bullying |
Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Conformity B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology > Social Behavior |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan dan Psikologi > Bimbingan dan Konseling (S1) |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 04 Oct 2024 02:56 |
Last Modified: | 04 Oct 2024 03:06 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64523 |
Actions (login required)
View Item |