Peningkatan Kemampuan Menceritakan Pengalaman Menggunakan Media Model Milik Anak di TK Pertiwi Pekauman Tegal Penelitian Tindakan kelas (PTK) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini


Laela Rita Sugiarti , 1601908043 (2011) Peningkatan Kemampuan Menceritakan Pengalaman Menggunakan Media Model Milik Anak di TK Pertiwi Pekauman Tegal Penelitian Tindakan kelas (PTK) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Peningkatan Kemampuan Menceritakan Pengalaman Menggunakan Media Model Milik Anak di TK Pertiwi Pekauman Tegal. Penelitian Tindakan kelas (PTK) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini]
Preview
PDF (Peningkatan Kemampuan Menceritakan Pengalaman Menggunakan Media Model Milik Anak di TK Pertiwi Pekauman Tegal. Penelitian Tindakan kelas (PTK) Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini) - Published Version
Download (662kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran menceritakan pengalaman merupakan salah satu sarana untuk meningkatkan verbal anak. Dalam kenyataannya menceritakan pengalaman anak TK Pertiwi Pekauman Tegal masih rendah. Salah satu penyebabnya adalah kurang tepatnya guru dalam memilih metode. Oleh karena itu perlu di cari metode yang tepat untuk mengatasi hal tersebut. Salah satu metode yang praktis dapat meningkatkan pembelajaran menceritakan pengalaman anak adalah dengan media model milik anak. Subyek penelitian ini adalah anak – anak kelompok A TK Pertiwi Pekauman Tegal yang berjumlah 20 anak. Dalam penelitian terdapat dua variabel yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas berupa evaluasi langsung, sedangkan variabel terikat berupa kemampuan anak dalam menceritakan pengalaman. Dalam penelitian ini instrument yang dipakai tes dan nontes. Kriteria yang dipakai dalam menentukan nilai menceritakan pengalaman adalah keberanian dan kepercayaan diri, kejelasan isi cerita, ekspresi gerak tubuh, mimik, intonasi suara. Untuk skor penguasaan ke lima unsur tersebut digunakan (•) untuk yang sangat baik, (√) baik, (○) kurang. Hasil penelitian pada prasiklus 51%, hasil siklus I sudah menunjukan adanya peningkatan skor rata – rata yang diperoleh 56%. Hasil tara – rata siklus II 61%, siklus III 72%, siklus IV 83%. Dari hasil penelitian prasiklus, siklus I, siklus II, siklus III dan siklus IV dapat diketahui adanya peningkatan skor yaitu setelah menggunakan media model milik anak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media model milik anak dapat meningkatkan kemampuan menceritakan pengalaman. Berdasarkan hasil penelitian ini peneliti berharap agar para pembaca berminat menyempurnakan penelitian ini dan disarankan juga agar guru dapat memanfaatkan media model milik anak sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan menceritakan pengalaman anak.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Kemampuan menceritakan pengalaman, media model milik anak.
Subjects: L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 28 Oct 2011 02:14
Last Modified: 25 Apr 2015 06:21
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6447

Actions (login required)

View Item View Item