STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK RESEP INSPIRASI DEBM YANG BERMUATAN NILAI KREATIVITAS SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/SMK


Alen Prananda, 2101419103 (2023) STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS PROSEDUR DI MEDIA SOSIAL TIKTOK RESEP INSPIRASI DEBM YANG BERMUATAN NILAI KREATIVITAS SEBAGAI ALTERNATIF SUMBER BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS XI SMA/SMK. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101419103- Alen Prananda.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Komponen pembelajaran tidak bisa lepas dari penggunaan sumber belajar yang sesuai. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi dalam penyajian sumber belajar yang iovatif bagi peserta didik. Media sosial merupakan media berbasis internet yang dapat mempermudah berbagai kegiatan, khususnya pembelajaran. Media sosial tiktok dapat memberikan informasi kepada semua orang melalui video unggahan sesuai dengan bidang yang ditekuni. Wacana tuturan banyak dijumpai pada unggahan aplikasi tiktok, khususnya pada akun resep inspirasi debm. Pemilihan akun media sosial resep inspirasi debm yang bermuatan nilai kreativitas sebagai topik kajian dalam menganalisis kelayakan wacana sebagai alternatif sumber belajar teks prosedur. Alasannya karena pada akun media sosial tiktok resep inspirasi debm terdapat struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur. Pentingya penanaman nilai kreativitas kepada peserta didik untuk menumbuhkan sikap kreatif dan inovatif dalam melakukan atau membuat sesuatu. Bagi pendidik alternatif sumber belajar yang ditawarkan dapat memberikan motivasi serta menumbuhkan sikap semangat dalam proses belajar mereka. Sumber belajar yang digunakan untuk menunjang pembelajaran dapat mempermudah peserta didik dalam kegiatan pembelajaran teks prosedur. Sumber belajar yang diberikan kepada peserta didik harus memuat kriteria sebagai sumber belajar dan nilai karakter pada diri peserta didik. Tujuan penelitian ini, yaitu 1) mendeskripsikan struktur wacana tuturan di media sosial tiktok resep inspirasi debm yang bermuatan nilai kreativitas, 2) mendeskripsikan kaidah kebahasaan wacana tuturan di media sosial tiktok resep inspirasi debm yang bermuata nilai kreativitas, 3) mendeskripsikan kelayakan teks prosedur di media sosial tiktok resep inspirasi debm untuk digunakan sebagai alternatif sumber belajar menelaah struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur kela XI SMA/SMK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif kualitatif. Metode ini digunakan untuk mendeskripsikan data yang diperoleh melalui observasi dan dokumentasi. Sumber data yang digunakan berupa teks prosedur yang terdapat struktur dan kaidah kebahasaan yang bermatan nilai kreativitas. Teknik analisis data menggunakan model Miles dan Huberman, yaitu reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menghasilkan dua temuan, yaitu pertama dari tujuh wacana tuturan di media sosial tiktok resep inspirasi debm semuanya telah memuat struktur dari teks prosedur sesuai dengan kritertia yang ditentukan. Selanjutnya temuan kedua, dari tujuh wacana tuturan di media sosial tiktok resep inspirasi debm hampir seluruh video unggahan telah memuat kriteria kaidah kebahasaan teks prosedur yang dibutuhkan, hanya saja dari tujuh wacana tuturan tersebut tidak memiliki konjungsi korelatif serta pada data ketiga yang berjudul “Nasi Goreng Anak Kos” tidak memiliki numeralia takrif. Hasil analisis di media sosial tiktok resep inspirasi debm yang bermuatan nilai kreativitas telah layak digunakan sebagai alternatif sumber belajar teks prosedur. Alasannya karena sesuai dengan materi struktur dan kaidah kebahasaan teks prosedur serta memunuhi kriteria sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Teks Prosedur, Media Sosial Tiktok, Kreativitas, dan Sumber Belajar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Oct 2024 04:01
Last Modified: 02 Oct 2024 04:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64431

Actions (login required)

View Item View Item