KESANTUNAN BERBAHASA TEKS NEGOSIASI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM MERDEKA


Risma Putri Wardani, 2101419046 (2023) KESANTUNAN BERBAHASA TEKS NEGOSIASI PADA BUKU TEKS BAHASA INDONESIA KELAS X KURIKULUM MERDEKA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101419046_Risma Putri Wardani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Penulisan teks negosiasi pada buku teks yang digunakan peserta didik harus sudah memuat prinsip-prinsip kesantunan berbahasa baik eksplisit maupun implisit. Namun, Pada kenyataanya terdapat teks negosiasi dibeberapa buku teks yang beredar belum mematuhi prinsip-prinsip kesantunan berbahasa. Peneliti memilih lima buku teks yang mengacu pada kurikulum merdeka. Buku tersebut adalah “KOMBI” Kompeten Berbahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X penerbit Erlangga, Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X penerbit Kemendikbud, Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA�MA/SMK-MAK penerbit Yrama Widya, Buku Interaktif Bahasa Indonesia untuk SMA/MA/SMK/MAK penerbit Intan Pariwara, Bahasa Indonesia untuk SMA/MA Kelas X penerbit Andi. Permasalahan penelitian ini meliputi (1) Bagaimana pematuhan pematuhan bidal kesantunan berbahasa yang digunakan dalam teks negosiasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka? (2) Bagaimana pelanggaran bidal kesantunan berbahasa yang digunakan dalam teks negosiasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka?. Tujuan penelitian ini yakni mendeskripsikan pematuhan terhadap bidal kesantunan berbahasa yang digunakan dalam teks negosiasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka, dan mendeskripsikan pelanggaran terhadap bidal kesantunan berbahasa yang digunakan dalam teks negosiasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka. Data dalam penelitian ini berupa penggalan teks negosiasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka yang diduga mematuhi dan melanggar bidal kesantunan berbahasa. Sedangkan sumber datanya adalah teks negosiasi pada buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka yang sudah beredar. Penelitian ini menggunakan pendekatan teoretis pragmatik serta pendekatan metodologis deskriptif kualitatif. Kemudian, metode yang digunakan dalam penelitian dibagi menjadi tiga tahap yakni, tahap penyediaan data, tahap analisis data dan tahap penyajian hasil analisis data. Tahap penyediaan data dilakukan dengan metode baca dengan teknik catat. Tahap analisis menggunakan metode normatif. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan metode penyajian hasil analisis data secara informal. Setelah pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil bahwa teks negosiasi pada kelima buku teks bahasa Indonesia kelas X kurikulum merdeka dapat dikategorikan santun. Hal ini ditunjukan bahwa pematuhan bidal kesantunan berbahasa lebih banyak daripada pelanggarannya. Buku teks Cerdas Cergas Berbahasa dan Bersastra Indonesia untuk SMA/SMK Kelas X Kurikulum Merdeka penerbit Kemendikbud dapat dikatakan sebagai buku teks bahasa Indonesia yang banyak mematuhi bidal kesantunan berbahasa. Buku teks Bahasa Indonesia untuk Siswa SMA-MA/SMK-MAK Kelas X Kurikulum Merdeka penerbit Yrama Widya dapat dikatakan sebagai buku teks bahasa Indonesia yang banyak melanggar bidal kesantunan berbahasa. Sebanyak 16 tuturan pelanggaran bidal kesantunan berbahasa dan banyak ditemukan pada bidal kebijaksanaan dan penghargaan dengan jumlah 8 tuturan. Saran pada penelitian ini diharapkan bisa menjadi sumbangan bagi guru untuk dapat memilih buku teks untuk pembelajaran materi teks negosiasi dengan menerapkan prinsip kesantunan berbahasa. Selain itu dengan adanya penelitian ini penyusunan buku teks harus mengintegrasikan nilai-nilai kesantunan, Selain itu siswa dapat menerapkan prinsip kesantunan berbahasa ketika berkomunikasi, khususnya dalam kegiatan bernegosiasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: kesantunan berbahasa, teks negosiasi, buku teks.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:47
Last Modified: 02 Oct 2024 03:47
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64425

Actions (login required)

View Item View Item