KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI KARYA ILMIAH DENGAN TEKNIK ON SCREEN EDITING BERBANTUAN WEB TOOLS SIPEBI DAN EJAAN.ID PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 SEMARANG


Nasik Hidayah, 2101419025 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGONSTRUKSI KARYA ILMIAH DENGAN TEKNIK ON SCREEN EDITING BERBANTUAN WEB TOOLS SIPEBI DAN EJAAN.ID PADA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA NEGERI 2 SEMARANG. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101419025_Nasik Hidayah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Mampu menyunting karya ilmiah dari aspek isi, kebahasaan, dan sistematikanya merupakan salah satu indikator yang ingin dicapai dari KD 4.15 mengonstruksi karya ilmiah dengan memperhatikan isi, sistematika, dan kebahasaan. Menyunting dikatakan sebagai kegiatan yang cukup sulit serta memerlukan ketelitian dan pengetahuan yang luas. Seorang penyunting harus menguasai komponen-komponen kebahasaan. Di era digital ini teknologi pembelajaran makin berkembang. Muncul aplikasi-aplikasi berbasis laman (web) yang dapat digunakan untuk membantu proses pembelajaran menyunting naskah, misalnya web tools Sipebi dan ejaan.id. Rumusan masalah dalam penelitian ini, yaitu 1) bagaimana keefektifan pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah menggunakan teknik on screen editing berbantuan web tools Sipebi pada peserta didik kelas XI SMA? 2) bagaimana keefektifan pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah menggunakan teknik on screen editing berbantuan web tools ejaan.id pada peserta didik kelas XI SMA? 3) manakah yang lebih efektif antara pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah dengan teknik on screen editing berbantuan web tools Sipebi dan ejaan.id pada peserta didik kelas XI SMA? Penelitian ini bertujuan membandingkan keefektifan pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah dengan teknik on screen editing berbantuan web tools Sipebi dan ejaan.id pada peserta didik kelas XI SMA Negeri 2 Semarang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah Nonequivalent Control Group Design. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan dua kelas yang dipilih dengan teknik sampling purposive. Kelas yang dipilih adalah kelas XI MIPA 4 dan MIPA 3 dengan 36 peserta didik. Kemudian, kelas diberikan pretest dan posttest. Instrumen dalam penelitian yang akan dilakukan oleh peneliti adalah instrumen berbentuk tes dan nontes. Instrumen tes berupa soal uraian mengonstruksi karya ilmiah, sedangkan instrumen nontes yaitu kuesioner, penilaian sikap, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan uji-t menggunakan bantuan program SPSS versi 24. Hasil penelitian ini membuktikan pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah dengan teknik teknik on screen editing berbantuan web tools Sipebi dan Ejaan.id efektif digunakan. Dari data diperoleh persentase peningkatan pada kelas eksperimen satu yaitu pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah berbantuan web tools Sipebi sebesar 19,7%, sedangkan peningkatan pada kelas eksperimen dua pembelajaran menyuting kebahasaan karya ilmiah berbantuan web tools ejaan.id sebesar 14,1%. Jadi, bisa disimpulkan bahwa pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah dengan teknik on screen editing berbantuan web tools Sipebi lebih efektif digunakan karena diperoleh hasil pembelajaran peserta didik mengalami peningkatan yang lebih signifikan dibandingkan dengan pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah dengan teknik on screen editing berbantuan web tools ejaan.id pada peserta didik kelas XI SMA. Berdasarkan hasil penelitian, saran yang diberikan, yaitu 1) guru bahasa Indonesia hendaknya menerapkan pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah dengan teknik on screen editing berbantuan web tools Sipebi karena sudah teruji keefektifannya, 2) sekolah hendaknya menyediakan sarana dan prasarana, seperti personal komputer yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah dengan teknik on screen editing berbantuan web tools Sipebi untuk menunjang hasil belajar peserta didik, 3) peneliti selanjutnya dapat memanfaatkan hasil penelitian ini sebagai referensi serta dapat mengkaji lebih lanjut terkait kebaruan teknik dan web tools dalam pembelajaran mengonstruksi karya ilmiah.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Ejaan.id, kebahasaan karya ilmiah, menyunting, on screen editing, Sipebi
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Oct 2024 03:36
Last Modified: 02 Oct 2024 03:36
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64420

Actions (login required)

View Item View Item