PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA
Dziza Firdiani Putri, 2101419019 (2023) PENGEMBANGAN MODUL PEMBELAJARAN MENULIS TEKS EKSPOSISI BERMUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA DIMENSI KREATIF UNTUK PESERTA DIDIK KELAS X SMA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (16MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu pembelajaran Bahasa Indonesia dalam kurikulum merdeka kelas X yaitu materi menulis teks eksposisi. Keterampilan menulis teks eksposisi kelas X dikategorikan sebagai salah satu keterampilan berbahasa yang masih rendah untuk dikuasai. Penelitian ini berangkat dari adanya kendala dan keluhan dari peserta didik dan pendidik. Peserta didik mengalami kesulitan dalam memaparkan gagasan secara sistematis, menemukan ide atau gagasan yang unik, mengembangkan argument dan menuangkannya ke dalam teks eksposisi yang utuh, pendidik juga belum cakap untuk memproduksi bahan ajar tambahannya sendiri. Berdasarkan hasil observasi, pendidik Bahasa Indonesia hanya mengandalkan buku teks terbitan pemerintah, LKS, dan tambahan materi dari internet sebagai sumber belajar. Berdasarkan hal tersebut, pendidik dan peserta didik membutuhkan modul pembelajaran sebagai tambahan sumber belajar peserta didik secara mandiri. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Mendeskripsi kebutuhan peserta didik dan pendidik dalam pengembangan modul pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif untuk peserta didik kelas X SMA; (2) Memproduksi prototipe modul pembelajaran yang diperlukan peserta didik dan pendidik dalam pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif untuk peserta didik kelas X SMA; (3) Mendeskripsi penilaian ahli terhadap modul pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif untuk peserta didik kelas X SMA; dan (4) Memperbaiki produk modul pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif untuk peserta didik kelas X SMA. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Research and Development (R&D). Langkah penelitiannya yaitu (1) potensi dan masalah; (2) pengumpulan data; (3) desain produk; (4) validasi desain; dan (5) revisi desain. Data dan sumber data penelitian ini yaitu (1) data kecenderungan kebutuhan peserta didik dan pendidik terhadap modul pembelajaran menulis teks eksposisi berdasarkan angket; (2) data uji validasi produk oleh ahli bidang pengembangan modul pembelajaran, ahli materi kebahasaan (menulis), dan ahli profil pelajar Pancasila berupa skor penilaian dan saran perbaikan. Hasil penelitian menjelaskan karakteristik kebutuhan modul pembelaharan menulis teks eksposisi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif untuk peserta didik kelas X SMA terdiri atas kebutuhan aspek modul pembelajaran, aspek materi teks eksposisi, dan aspek profil pelajar Pancasila dimensi kreatif. Hasil uji validasi oleh tiga ahli menunjukkan (1) aspek materi atau isi mendapatkan nilai rata-rata nilai 84,3 dengan kategori baik; (2) aspek penyajian mendapatkan nilai rata-rata nilai 83,3 dengan kategori baik, (3) aspek kebahasaan nilai rata-rata nilai 75 dengan kategori baik, (4) aspek kegrafikaan mendapatkan nilai rata-rata nilai 93,1 dengan kategori sangat baik, (5) aspek materi menulis teks eksposisi mendapatkan nilai rata-rata nilai 73,3 dengan kategori baik, dan (6) aspek profil pelajar Pancasila dimensi kreatif mendapatkan nilai rata-rata nilai 85,4 dengan kategori sangat baik. Dari hasil penelitian, peneliti memberi saran, pertama modul pembelajaran menulis teks eksposisi bermuatan profil pelajar Pancasila dimensi kreatif sebaiknya digunakan oleh peserta didik dan pendidik pada jenjang SMA kelas X yang dapat dijadikan sebagai tambahan sumber belajar peserta didik secara mandiri yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Kedua, modul pembelajaran dapat digunakan peserta didik kelas X SMA di seluruh Indonesia karena didasarkan pada analisis kebutuhan peserta didik dan pendidik. Ketiga, peneliti menyarankan kepada peneliti lainnya untuk dapat melanjutkan penelitian ini pada tahap selanjutnya.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | dimensi kreatif, modul pembelajaran, menulis teks eksposisi, profil pelajar Pancasila. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:29 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64418 |
Actions (login required)
View Item |