PENGEMBANGAN MEDIA VLOGGING BERMUATAN BUDAYA JAWA TENGAH DALAM PEMBELAJARAN BIPA KETERAMPILAN MENYIMAK LEVEL A2 UNVERSITAS THAMMASAT THAILAND
Erwinda Mustikaning Tyas, 2101418100 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA VLOGGING BERMUATAN BUDAYA JAWA TENGAH DALAM PEMBELAJARAN BIPA KETERAMPILAN MENYIMAK LEVEL A2 UNVERSITAS THAMMASAT THAILAND. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Pembelajaran BIPA pada tingkat dasar memerlukan perhatian lebih karena pemelajar memerlukan media yang dapat menyampaikan informasi yang lebih mudah dipahami. Namun, media tidak selalu bersumber dari pengajar. Hal ini dikarenakan keterbatasan pengajar dalam memperoleh media yang tepat yang sesuai dengan materi dan tingkat pemahaman pemelajar. Oleh karena itu, solusi atas permasalahan tersebut yaitu mengadakan pengkajian terhadap penggunaan media BIPA keterampilan menyimak dan melakukan pengembangan media pembelajaran BIPA keterampilan menyimak di tingkat dasar yang tepat. Hal ini ditujukan agar antara pembelajaran BIPA khususnya pada keterampilan menyimak dengan penggunaan media memiliki keselarasan agar dapat mencapai tujuan pembelajaran yang diinginkan. Permasalahan dalam penelitian ini meliputi: (1) Bagaimana kebutuhan pengembangan media pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand? (2) Bagaimana prinsip pengembangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand? (3) Bagaimana hasil penilaian ahli terhadap media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand? (4) Bagaimana hasil perbaikan prototipe media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand berdasarkan penilaian para ahli media? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan lima langkah, yaitu: 1) penggalian potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan yang dibagikan secara online melalui google formulir dan wawancara yang dilakukan melalui media sosial WhatsApp dan LINE. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan guna mengetahui informasi yang konkret dari pengajar dan pemelajar BIPA Level A2 Universitas Thammaat Thailand dan memperkuat hasil jawaban dari angket kebutuhan. Setelah pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kebutuhan pengembangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 2) deskripsi prinsip pengambangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 3) penilaian media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 4) perbaikan prototipe media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand. Saran penelitian meliputi hal sebagai berikut: 1) Media Vlogging sebaiknya digunakan sebagai sarana pembelajaran BIPA khususnya pada keterampilan menyimak. 2 ) Media Vlogging tidak hanya dapat digunakan oleh pemelajar Level A2 Universitas Thammasat Thailand saja, tetapi bagi seluruh pembelajaran BIPA baik dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan YouTube sebagai media mencari informasi materi kebahasaan bahasa Indonesia dan materi wawasan sosial budaya Indonesia khususnya Jawa Tengah. 3) Media Vlogging hendaknya digunakan oleh pengajar untuk memperkenalkan budaya Jawa Tengah dan melatih kemampuan menyimak mendengarkan pemelajar agar menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand berdasarkan penilaian para ahli media? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan lima langkah, yaitu: 1) penggalian potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan yang dibagikan secara online melalui google formulir dan wawancara yang dilakukan melalui media sosial WhatsApp dan LINE. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan guna mengetahui informasi yang konkret dari pengajar dan pemelajar BIPA Level A2 Universitas Thammaat Thailand dan memperkuat hasil jawaban dari angket kebutuhan. Setelah pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kebutuhan pengembangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 2) deskripsi prinsip pengambangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 3) penilaian media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 4) perbaikan prototipe media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand. Saran penelitian meliputi hal sebagai berikut: 1) Media Vlogging sebaiknya digunakan sebagai sarana pembelajaran BIPA khususnya pada keterampilan menyimak. 2 ) Media Vlogging tidak hanya dapat digunakan oleh pemelajar Level A2 Universitas Thammasat Thailand saja, tetapi bagi seluruh pembelajaran BIPA baik dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan YouTube sebagai media mencari informasi materi kebahasaan bahasa Indonesia dan materi wawasan sosial budaya Indonesia khususnya Jawa Tengah. 3) Media Vlogging hendaknya digunakan oleh pengajar untuk memperkenalkan budaya Jawa Tengah dan melatih kemampuan menyimak mendengarkan pemelajar agar menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand berdasarkan penilaian para ahli media? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan lima langkah, yaitu: 1) penggalian potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan yang dibagikan secara online melalui google formulir dan wawancara yang dilakukan melalui media sosial WhatsApp dan LINE. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan guna mengetahui informasi yang konkret dari pengajar dan pemelajar BIPA Level A2 Universitas Thammaat Thailand dan memperkuat hasil jawaban dari angket kebutuhan. Setelah pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kebutuhan pengembangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 2) deskripsi prinsip pengambangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 3) penilaian media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 4) perbaikan prototipe media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand. Saran penelitian meliputi hal sebagai berikut: 1) Media Vlogging sebaiknya digunakan sebagai sarana pembelajaran BIPA khususnya pada keterampilan menyimak. 2 ) Media Vlogging tidak hanya dapat digunakan oleh pemelajar Level A2 Universitas Thammasat Thailand saja, tetapi bagi seluruh pembelajaran BIPA baik dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan YouTube sebagai media mencari informasi materi kebahasaan bahasa Indonesia dan materi wawasan sosial budaya Indonesia khususnya Jawa Tengah. 3) Media Vlogging hendaknya digunakan oleh pengajar untuk memperkenalkan budaya Jawa Tengah dan melatih kemampuan menyimak mendengarkan pemelajar agar menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand berdasarkan penilaian para ahli media? Penelitian ini menggunakan jenis Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang dilakukan dengan lima langkah, yaitu: 1) penggalian potensi masalah, 2) pengumpulan data, 3) desain produk, 4) validasi desain, dan 5) revisi desain. Pengumpulan data menggunakan angket kebutuhan yang dibagikan secara online melalui google formulir dan wawancara yang dilakukan melalui media sosial WhatsApp dan LINE. Pengumpulan data melalui wawancara dilakukan guna mengetahui informasi yang konkret dari pengajar dan pemelajar BIPA Level A2 Universitas Thammaat Thailand dan memperkuat hasil jawaban dari angket kebutuhan. Setelah pelaksanaan penelitian, diperoleh hasil sebagai berikut: 1) kebutuhan pengembangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 2) deskripsi prinsip pengambangan media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 3) penilaian media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand 4) perbaikan prototipe media Vlogging bermuatan budaya Jawa Tengah dalam pembelajaran BIPA keterampilan menyimak Level A2 Universitas Thammasat Thailand. Saran penelitian meliputi hal sebagai berikut: 1) Media Vlogging sebaiknya digunakan sebagai sarana pembelajaran BIPA khususnya pada keterampilan menyimak. 2 ) Media Vlogging tidak hanya dapat digunakan oleh pemelajar Level A2 Universitas Thammasat Thailand saja, tetapi bagi seluruh pembelajaran BIPA baik dalam negeri maupun luar negeri yang menggunakan YouTube sebagai media mencari informasi materi kebahasaan bahasa Indonesia dan materi wawasan sosial budaya Indonesia khususnya Jawa Tengah. 3) Media Vlogging hendaknya digunakan oleh pengajar untuk memperkenalkan budaya Jawa Tengah dan melatih kemampuan menyimak mendengarkan pemelajar agar terbiasa mendengarkan penuturan bahasa Indonesia. 4) Perlu diadakan penelitian lanjutan untuk mengetahui keefektifan media.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | media pembelajaran, pembelajaran BIPA, keterampilan menyimak, budaya Jawa Tengah |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 02 Oct 2024 03:24 |
Last Modified: | 02 Oct 2024 03:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64416 |
Actions (login required)
View Item |