KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN METODE TALKING STICK DAN METODE LECTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KEJADIAN POPULER PADA SISWA KELAS IX


Dina Alvita, 2101418059 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS TANGGAPAN DENGAN METODE TALKING STICK DAN METODE LECTURE BERBANTUAN MEDIA GAMBAR KEJADIAN POPULER PADA SISWA KELAS IX. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101418059_Dina Alvita.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran menulis teks tanggapan memerlukan suatu gaya pengajaran yang tepat, agar bisa meningkatkan antusiasme siswa serta menambah motivasi dari dalam diri siswa, dan tentunya dapat membuat siswa senang dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil observasi, keterampilan menulis teks tanggapan pada peserta didik kelas IX SMPN 18 Semarang belum optimal karena kurangnya metode pembelajaran yang digunakan masih konvensional. Oleh karena itu, dilakukan penelitian ini dengan tujuan mengetahui keefektifan pembelajaran menulis teks tanggapan dengan metode talking stick dan metode lecture agar lebih efektif dilengkapi dengan media gambar kejadian populer. Berdasarkan uraian di atas penelitian ini mengkaji tiga masalah, yaitu: (1) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks tanggapan dengan metode pembelajaran talking stick berbantuan media gambar kejadian populer pada siswa kelas IX, (2) Bagaimana keefektifan pembelajaran menulis teks tanggapan metode pembelajaran lecture berbantuan media gambar kejadian populer pada siswa kelas IX, (3) bagaimana perbandingan keefektifan antara pembelajaran menulis teks tanggapan dengan metode pembelajaran talking stick dan metode pembelajaran lecture berbantuan media gambar kejadian populer pada siswa kelas IX. Penelitian ini menggunakan desain penelitian eksperimen kuasi atau nonequivalent control group design. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 18 Semarang dengan kelas IX D sebagai kelas eskperimen I (metode Talking Stick) dan kelas IX B sebagai kelas eksperimen II (metode Lecture). Adapun analisis data penelitian ini dilakukan untuk menguji kelayakan instrumen penelitian, menguji persyaratan analisis data, dan menguji hipotesis. Untuk menguji kelayakan instrumen penelitian digunakan analisis validitas ahli dan program SPSS serta reabilitas. Untuk menguji persyaratan analisis data digunakan analisis normalitas dan homogenitas. Sementara, untuk analisis data digunakan uji paired sample t-test untuk mengetahui keefektifan metode talking stick dan lecture berbantuan media gambar kejadian serta uji independent t-test untuk mengetahui metode mana yang lebih efektif. Hasil penelitian ini yaitu t-hitung kelas eksperimen I (52,093) dan t-hitung kelas eksperimen II (49,267) lebih besar dari t-tabel (1,669). Berdasarkan uji independent t-test didapatkan hasil bahwa nilai t-hitung (1,790) lebih besar dari t�tabel (1,6698). Sementara, berdasarkan gain score, nilai gain score metode talking stick (8,5) lebih besar daripada metode lecture (5,46). Simpulan dari penelitian ini yaitu pembelajaran menulis teks tanggapan dengan metode pembelajaran talking stick dan metode pembelajaran lecture berbantuan media gambar kejadian pada peserta didik kelas IX SMPN 18 Semarang terbukti efektif. Sementara, antara metode talking stick dan lecture, metode talking stick yang lebih efektif. Adapun saran dari peneliti yaitu peneliti lain dapat mempergunakan hasil penelitian ini untuk referensi dan dapat dikaji lebih lanjut guna mengetahui kebaruan dalam pembelajaran menulis teks tanggapan.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: pembelajaran menulis teks tanggapan, metode talking stick, metode lecture, gambar kejadian
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:49
Last Modified: 02 Oct 2024 02:49
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64411

Actions (login required)

View Item View Item