PERLINDUNGAN HUKUM DALAM JUAL BELI ONLINE MELALUI SIPLAH BLIBLI (Studi Kasus PT. Balakosa Citra Persada dan Para Konsumennya)


ACHMAD BENI CANDRA, 0811520036 (2023) PERLINDUNGAN HUKUM DALAM JUAL BELI ONLINE MELALUI SIPLAH BLIBLI (Studi Kasus PT. Balakosa Citra Persada dan Para Konsumennya). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0811520036_Achmad Beni Candra.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

PT.Balakosa Citra Persada yang merupakan suatu Perusahaan yang bergerak dibidang Pengadaan Barang dan Jasa dimana PT Balakosa Citra Persada terdapat permasalahan hukum terkait jual beli melalui aplikasi SIPLah Blibli dengan para konsumennya sehingga PT.Balakosa Citra Persada menunjuk Advokat dari Rahayu Slamet Klaten guna membantu permasalahan jual beli online dengan Para Konsumennya, dimana permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah : 1. Bagaimana perlindungan hukum produsen dan konsumen terkait permasalahan jual beli online khususnya dalam kasus antara PT. Balakosa Citra Persada dengan para Konsumennya? 2.Bagaimana penyelesian sengketa keperdataan melalui aplikasi jual beli online dalam kasus antara PT. Balakosa Citra Persada dengan para Konsumennya. Tujuan penelitian ini adalah menemukan dan menganalisis terkait permasalahan hukum antara dalam jual beli online antara PT.Balakosa Citra Persada dengan Para Konsumennya dalam aplikasi SIPLah Blibli. Penelitin ini termasuk jenis penelitian yuridis sosiologis dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilakukan di PT. Balakosa Citra Persada. Sumber data yang digunakan yaitu data primer, sekunder dan tertier. Metode Pengumpulan data yang dipergunakan dengan wawancara dan studi pustaka Penelitian ini menunjukkan bahwa pemasalahan jual beli online yang terjadi antara PT.Balakosa Citra Persada dengan para Konsumennya dalam aplikasi SIPLah Blibli mendasarkan pada penyesesaian perkara dengan jalur non litigasi dengan mengedepankan prinsip keadilan. Dalam penyesesaian perkara tersebut yang sudah dijalankan dengan penyelesaian melalui non litigasi yaitu dengan mediasi dan negoisasi dan untuk penyelesaian memalui litigasi sampai dengan saat ini masih dalam proses

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perlindungan Produsen dan Konsumen, Jual Beli Online, SIPLah Blibli
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Trading
K Law > K Law (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Hukum, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 02 Oct 2024 02:07
Last Modified: 02 Oct 2024 02:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64408

Actions (login required)

View Item View Item