PERAN TINGKAT PENDAPATAN DALAM MEMODERASI PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN FAKTOR KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE


Rina Lilla Handayani, 0712520003 (2023) PERAN TINGKAT PENDAPATAN DALAM MEMODERASI PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN FAKTOR KEPRIBADIAN TERHADAP PERILAKU KONSUMEN DALAM PEMBELIAN PRODUK FASHION PADA MARKETPLACE. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0712520003 - Rina Lilla Handayani.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Fenomena yang terjadi di masyarakat pada umumnya, konsumen dalam membeli produk fashion pada marketplace tidak sedikit yang bersifat irasional. Beberapa di antaranya membeli karena ada diskon/promo, membeli karena iklan yang menarik, dan lain sebagainya sehingga banyak dari mereka yang berperilaku tidak rasional dalam pengambilan keputusan konsumen yaitu dengan membeli produk walaupun belum atau tidak menjadi kebutuhannya saat itu. Fenomena tersebut terjadi juga di dunia pendidikan tinggi seperti di Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis pengaruh dari Tingkat Pendidikan dan Faktor Kepribadian terhadap Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Fashion pada Marketplace. Selain itu, penelitian ini juga menganalisis Tingkat Pendapatan dalam memoderasi pengaruh Tingkat Pendidikan dan Faktor Kepribadian terhadap Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Fashion pada Marketplace. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain hypothesis testing study dengan populasi dan sampel sebanyak 100 tenaga kependidikan di Universitas Negeri Semarang yang pernah melakukan pembelian produk fashion pada marketplace. Analisis data menggunakan analisis deskriptif dan Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Tingkat Pendidikan dan Faktor Kepribadian berpengaruh positif dan signifikan terhadap Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Fashion pada Marketplace. Tingkat Pendapatan tidak dapat memperkuat hubungan Tingkat Pendidikan dan Faktor Kepribadian terhadap Perilaku Konsumen dalam Pembelian Produk Fashion pada Marketplace.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Tingkat Pendidikan, Faktor Kepribadian, Tingkat Pendapatan, Perilaku Konsumen.
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform > Craftsman Income
Fakultas: Pasca Sarjana > Ilmu Ekonomi, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 07:32
Last Modified: 01 Oct 2024 07:32
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64403

Actions (login required)

View Item View Item