PENGARUH EDUKASI PROGRAM SECTIO CAESAREA DAN TERAPI MURROTAL ALQUR’AN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI DI RSUD RA KARTINI KABUPATEN JEPARA


Edy Suryanto, 0701521025 (2023) PENGARUH EDUKASI PROGRAM SECTIO CAESAREA DAN TERAPI MURROTAL ALQUR’AN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI DI RSUD RA KARTINI KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0613520028 - Imam Subhi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Revolusi industri 4.0 telah menempatkan peran vital pendidikan sebagai wadah untuk mempersiapkan sumber daya manusia yang berkualitas dan mampu beradaptasi dalam segala perubahan termasuk otomatisasi dan adopsi teknologi dalam skala besar. Namun terjadi kesenjangan penerapan teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran sehingga hasilnya belum optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji kelayakan, penerapan dan efektivitas Media Pembelajaran E – Arsip dengan Pendekatan Kontekstual untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Pada Mata Kuliah Praktik Kearsipan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan dengan desain Quasi Experimental. Populasi penelitian adalah mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Angkatan 2020 dengan sampel dalam penelitian sebanyak 45 mahasiswa rombel PAP sebagai kelas eksperimen A dan 41 mahasiswa rombel PAP B sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, pre – test dan post - test serta teknik analisis data menggunakan pendekatan statistik parametrik melalui uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata – rata. Hasil penelitian menemukan bahwa penilaian oleh expert judgment tentang validitas media pembelajaran yang dianalisis dengan metode Lawshe diperoleh nilai CVR dan CVI sebesar 1 dengan kriteria “valid” dan metode Aiken diperoleh nilai indeks Aiken’s V sebesar 0,985 dan 0,988 atau lebih dari > 0,8 termasuk kategori “sangat valid”. Perolehan nilai rata – rata dengan menggunakan pendekatan yang sama namun dengan media yang berbeda ternyata menyebabkan perbedaan nilai rata – rata post - test dari kedua kelas dimana nilai antara kelas eksperimen lebih tinggi 89,44 daripada kelas kontrol 77,90. Hasil uji hipotesis pemerolehan t hitung sebesar 10.595 > t tabelsebesar 1.98861 serta nilai signifikansi 0,000 < 0,05 yang bermakna bahwa penggunaan Media Pembelajaran E – Arsip dengan Pendekatan Kontekstual efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Pada Mata Kuliah Praktik Kearsipan. Simpulan dari penelitian ini berupa 1) Media Pembelajaran E – Arsip dinyatakan valid dan layak digunakan berdasarkan penilaian expert judgment, 2) Penerapan Media Pembelajaran E – Arsip dapat meningkatkan keterampilan kearsipan mahasiswa, 3) penggunaan Media Pembelajaran E – Arsip dengan Pendekatan Kontekstual terbukti efektif untuk Meningkatkan Keterampilan Mahasiswa Pendidikan Administrasi Perkantoran Pada Mata Kuliah Praktik Kearsipan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Aplikasi E – Arsip, Pendekatan Konstekstual, Keterampilan Kearsipan Mahasiswa
Subjects: C Auxiliary Sciences of History > CD Diplomatics. Archives. Seals > CD921 Archives
L Education > L Education (General) > Learning Model
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:53
Last Modified: 01 Oct 2024 06:53
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64395

Actions (login required)

View Item View Item