ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU AJAR “SAHABATKU INDONESIA” LEVEL A2 PADA MATERI BERMUATAN BUDAYA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BIPA
Ulfa Meida, 2101418046 (2023) ANALISIS KESESUAIAN ISI BUKU AJAR “SAHABATKU INDONESIA” LEVEL A2 PADA MATERI BERMUATAN BUDAYA INDONESIA DALAM PEMBELAJARAN BIPA. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (4MB) | Request a copy |
Abstract
Buku ajar sangat penting keberadaannya dalam sebuah pembelajaran, terutama dalam pembelajaran BIPA. Hal ini karena buku ajar menjadi pedoman dalam sebuah pembelajaran BIPA tersebut. Adanya buku ajar dapat mempermudah akses dan pemahaman materi yang dipelajari dalam sebah pembelajaran. Salah satu buku ajar yang umum digunakan dalam pembelajaran BIPA adalah buku ajar “Sahabatku Indonesia”. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui kesesuaian isi buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2 pada materi bermuatan budaya Indonesia dalam pembelajaran BIPA dengan cara mendeskripsikan penggunaan buku ajar dalam pembelajaran BIPA, mendeskripsikan analisis isi materi bermuatan budaya Indonesia dalam buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2, mendeskripsikan kendala yang ditemukan, serta mendeskripsikan solusi dan cara menanggulangi kendala yang ditemukan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan tujuan untuk mendeskripsikan kesesuaian isi buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2 pada materi bermuatan budaya Indonesia. Hasil dari penelitian ini yaitu terdapat 22 materi bermuatan budaya Indonesia dalam buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2 yang digunakan dalam pembelajaran BIPA. Pada aspek sistem kemasyarakatan terdapat 8 materi, yaitu 6 materi tataran kebiasaan dan tradisi dengan presentase 75%, 2 materi pada tataran asosiasi dan perkumpulan dengan presentase 25%, dan 0 materi pada tataran organisasi sosial dengan presentase 0%. Kemudian terdapat 9 materi bermuatan budaya Indonesia pada aspek sistem peralatan hidup, yaitu 1 materi pada tataran transportasi dengan presentase 11,11%, 4 materi pada tataran fasilitas umum dengan presentase 44,44%, dan 4 materi pada tataran kebutuhan sehari-hari dengan presentase 44,44%. Selanjutnya, terdapat 5 materi bermuatan budaya Indonesia pada aspek Kesenian, yaitu 2 materi pada tataran seni tarik suara dan alat musik dengan presentase 40%, 2 materi pada tataran seni rupa dengan presentase 40%, dan 1 materi pada tataran seni tari dengan presentase 20%. Terdapat kendala dalam penggunaan buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2, antara lain adalah penggunaan buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2 perlu pembenahan, penggunaan buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2 belum sesuai kebutuhan, dan pola keruntutan materi dalam buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2 kurang diperhatikan. Berdasarkan kendala penggunaan buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2 dalam pembelajaran BIPA tersebut, diberikan solusi dan cara menanggulangi kendala berupa pembenahan buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2, penggunaan buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2 sesuai kebutuhan, serta sortir materi dan lain-lain.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | analisis kesesuaian isi, buku ajar “Sahabatku Indonesia” level A2, muatan budaya Indonesia, pembelajaran BIPA. |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 06:44 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 06:44 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64392 |
Actions (login required)
View Item |