ANALISIS KESALAHAN BAHASA TEKS DESKRIPSI PEMELAJAR BIPA LEVEL 1B WISMA BAHASA YOGYAKARTA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI


Anisa Nurul Santi, 2101418036 (2023) ANALISIS KESALAHAN BAHASA TEKS DESKRIPSI PEMELAJAR BIPA LEVEL 1B WISMA BAHASA YOGYAKARTA DAN RELEVANSINYA SEBAGAI SUMBER BELAJAR MENULIS TEKS DESKRIPSI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101418036_Anisa Nurul Santi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing (BIPA) merupakan pembelajaran bahasa Indonesia yang subjeknya adalah pemelajar asing. BIPA mempunyai tiga tingkatan yaitu A1, A2, (dasar) B1, B2, (madya) C1, dan C2 (mahir) dengan acuan CEFR (Common European Framework of Reference for Language) sebagai standar kompetensi. Namun, Wisma Bahasa membagi tingkatan kompetensi menjadi tujuh yaitu, 1A (Beginner), 1B (Post-Beginner), 2A (Pre-Intermediate), 2B (Intermediate), 3A (Post-Intermediate), 3B (Pre-Advanced), dan level 4 (Advanced). Pada penelitian ini ditemukan kesalahan pada penulisan struktur kalimat, penggunaan tanda baca, kesalahan struktur dan kaidah teks deskripsi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk kesalahan penulisan struktur kalimat, penggunaan tanda baca, serta kesalahan penulisan struktur dan kaidah kebahasaan teks deskripsi yang ditulis oleh pemelajar BIPA level 1B Wisma Bahasa Yogyakarta. Sumber data penelitian ini berupa teks deskripsi yang ditulis pemelajar BIPA level 1B Wisma Bahasa Yogyakarta mengenai makanan atau minuman Indonesia kesukaan mereka. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif, teknik pengambilan data dengan observasi, studi dokumen, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan adalah metode agih dengan teknik dasar bagi unsur langsung atau BUL dan metode simak dan teknik catat. Berdasarkan 44 kalimat yang ditulis pemelajar BIPA level 1B Wisma Bahasa Yogyakarta terdapat 27 kalimat dengan 51 kesalahan berbahasa yang dilakukan oleh pemelajar. Kesalahan yang paling banyak ditemukan adalah struktur kalimat yaitu sebanyak 66,6% meliputi kesalahan pada subjek, predikat, objek, keterangan dan pelengkap. Kesalahan penggunaan tanda baca sebanyak 33,3% meliputi penggunaan tanda titik, koma dan tanda seru. Selain itu, dari 5 teks deskripsi yang ditulis pemelajar ditemukan kesalahan pada struktur teks deskripsi sebanyak 55,5 % meliputi penghilangan judul dan deskripsi umum. Serta kesalahan pada kaidah kebahasaan teks deskripsi sebanyak 44,4% berupa penghilangan atau tidak adanya kopula dan kalimat aktif. Hasil penelitian menunjukan masih banyak kesalahan berbahasa tulis yang dilakukan oleh pemelajar BIPA level 1B Wisma Bahasa Yogyakarta atau di lembaga lain. Namun, hasil tulisan pemelajar tersebut dapat dijadikan sebagai salah satu teks yang digunakan pengajar sebagai sumber belajar dalam mengenalan teks deskripsi, dan sebagai pertimbangan materi yang akan diberikan kepada pemelajar BIPA level 1B yang selanjutnya.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: BIPA, kesalahan berbahasa tulis, struktur kalimat, tanda baca, teks deskripsi, sumber belajar.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:35
Last Modified: 01 Oct 2024 06:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64389

Actions (login required)

View Item View Item