PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 1 SALATIGA


Kartika Dyah K, 0701518014 (2023) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN KEWIRAUSAHAAN BERBASIS POTENSI LOKAL UNTUK MENINGKATKAN MINAT BERWIRAUSAHA DI SMK NEGERI 1 SALATIGA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0701518014-KARTIKA DYAH K.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (10MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya angka jumlah lulusan SMK Negeri 1 Salatiga yang terjun sebagai seorang wirausaha maka masih menunjukkan rendahnya sikap kewirausahaan siswa SMK. Hal tersebut sangat disayangkan mengingat adanya sebuah potensi lokal yang sangat melimpah yaitu hama Enceng Gondok. Perlu adanya sebuah model pembelajaran yang menarik siswa untuk mengembangkan potensi lokal di wilayah SMK Negeri 1 Salatiga. Tujuan penelitian ini ntuk mengetahui urgensi integrasi materi kerajinan enceng gondok dengan materi pelajaran kewirausahaan dalam bentuk model pembelajaran pada siswa kelas XII SMK Negeri 1 Salatiga dan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode model pembelajaran berbasis potensi lokal “enceng gondok” bagi siswa kelas XII SMK Negeri 1 Salatiga. Penelitian ini menggunakan model penelitian dan pengembanagn (reseach and development) berfungsi untuk membantu pelaksanaan kerja supaya efektif dan efisien,kualitas hasil kerja akan meningkat seperti pengembangan yang dilakukan dalam pendidikan akan mengasilkan suatu model pembelajaran yang lebih meningkatkan pemahaman dan kompetensi siswa. Proses pengembangan model pembelajaran kewirausahaan berbasis potensi lokal ini memiliki dua tahapan utama, yaitu pengembangan model pembelajaran berbasis projek (PjBL) melalui praktik langsung dengan media eceng gondok. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa rendahnya tingkat lulusan kewirausahaan dikarenakan beberapa jurusan tidak terkait dengan proses produksi, melainkan berfokus menyiapkan angkatan kerja. Hasil dari pengolahan data menunjukkan bahwa semua guru mendukung adanya pengembangan model pembelajaran. Kemudian, untuk dapat mendukung pembelajaran berbasis potensi lokal tersebut, diperlukan modul. Modul ajar disusun dengan disesuaikan pada beberapa aturan pembuatan dan kelengkapan dari suatu modul. Modul yang dikembangkan ini, arahnya adalah untuk pendampingan atau pelengkap pembelajaran yang berfokus pada pengembangan model pembelajaran. Jadi hanya sebagai bahan pendukung. Setelah melalui proses validasi, perangkat RPP dan modul pembelajaran tersebut diimplementasikan ke dalam proses pembelajaran berbasis proyek, yaitu dengan membuat kerajinan Eceng Gondok secara langsung dengan pengrajin Eceng Gondok. Hasil rekapitulasi penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kewirausahaan berbasis potensi lokal eceng gondok dengan modul sebagai pendukung bahan ajar dinyatakan layak digunakan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pengembangan, Model Pembelajaran, Potensi Lokal, Eceng Gondok
Subjects: H Social Sciences > HJ Public Finance
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ekonomi, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 06:26
Last Modified: 01 Oct 2024 06:26
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64387

Actions (login required)

View Item View Item