PENGARUH EDUKASI PROGRAM SECTIO CAESAREA DAN TERAPI MURROTAL ALQUR’AN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI DI RSUD RA KARTINI KABUPATEN JEPARA


Imam Subhi, 0613520028 (2023) PENGARUH EDUKASI PROGRAM SECTIO CAESAREA DAN TERAPI MURROTAL ALQUR’AN TERHADAP TINGKAT KECEMASAN PADA PASIEN PRE OPERASI DI RSUD RA KARTINI KABUPATEN JEPARA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0613520028 - Imam Subhi.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB) | Request a copy

Abstract

Indonesia merupakan suatu negara yang berkembang dengan 9,8% operasi sectio caesarea. Kecemasan pada pasien pra operasi sectio caesarea dapat menyebabkan gangguan pada status hemodinamik akibat kecemasan. Hasil survei pendahuluan yang telah dilakukan peneliti di Ruang obsgin dan ginekologi RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara, bahwa selama Tahun 2020 angka kejadian sectio caesarea sebanyak 1.825 sedangkan tahun 2021 angka kejadian sectio caesarea sebanyak 2190. Hasil wawancara terhadap 10 ibu hamil yang akan dilakukan sectio caesarea di RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara didapatkan sebanyak 10 ibu mengalami kecemasan dengan kategori tingkat kecemasan ringan sejumlah 3 ibu, tingkat kecemasan sedang sejumlah 6 ibu dan tingkat kecemasan berat sejumlah 1. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh edukasi program sectio caesarea dan terapi murrotal alqur’an terhadap penurunan tingkat kecemasan pada pasien pre operasi sectio caesarea di RSUD RA Kartini Kabupaten Jepara. Desain penelitian ini menggunakan quasi-experimental non-randomized pretrial post-test control design, jumlah sampel minimal yang digunakan dalam penelitian ini adalah 44 pasien untuk sampel intervensi program edukasi dan terapi murrotal sebanyak 22 sampel, dan sampel kontrol 22 sampel. Hasil analisis berdasarkan waktu pengukuran menunjukan bahwa nilai pretes baik pada kelompok intervensi dan kelompok kontrol menunjukan tidak ada perbedaan yang signifikan dengan p-value 0.573 artinya kedua kelompok responden memiliki tingkat kecemasan yang sama sebelum dilakukan intervensi. Sedangkan pada nilai posttest menunjukan bahwa terdapat perbedaan signifikan pada kedua kelompok setelah dilakukan intervensi pada kelompok intervensi menunjukan penurunan tingkat kecemasan yang lebih tinggi dari pada kelompok kontrol dengan p-value < 0.05.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kecemasan, section caesarea, murotal, edukas
Subjects: L Education > L Education (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Fakultas: Pasca Sarjana > Kesehatan Masyarakat, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:44
Last Modified: 01 Oct 2024 04:44
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64383

Actions (login required)

View Item View Item