KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE PQRST DAN METODE GPID PADA PESERTA DIDIK KELAS XI
ABIL NURUL IBAD, 2101417030 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENGIDENTIFIKASI INFORMASI TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN METODE PQRST DAN METODE GPID PADA PESERTA DIDIK KELAS XI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini berdasarkan hasil observasi lapangan mengenai hasil pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi pada peserta didik kelas XI yang kurang efektif karena pendidik hanya menggunakan metode ceramah yang masih konvensional. Penelitian ini juga didasari oleh kajian pustaka penelitian terdahulu yang relevan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan pembelajaran mengidentifikasi informasi teks eksplanasi menggunakan metode PQRST dan metode GPID pada peserta didik kelas XI. Metode PQRST dan metode GPID untuk memudahkan pendidik dalam pembelajaran teks eksplanasi selain menggunakan menggunakan metode ceramah yang masih konvensional. Penelitian ini termasuk penelitian kuantitatif dengan jenis eksprimen kuasi dengan metode Nonequivalent Control Grup Design. Penelitian dilakukan di MA Al Asror menggunakan dua kelompok sebagai sampel. XI IPA 2 sebagai kelompok kontrol proses pembeajaran menggunakan metode GPID dan XI IPA 1 sebagai kelompok eksperimen menggunakan metode PQRST. Teknik pengambilan data menggunakan teknik tes (pretes dan postest) dan nontes (observasi, wawancara, dan dokumentasi). Hasil penghitungan uji t kelompok kontrol, diperoleh nilai signifikasi 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima menunjukkan bahwa metode GPID efektif digunakan dalam pembelajaran. Hasil penghitungan uji t kelompok eksperimen, diperoleh nilai signifikasi 0,000<0,05 maka Ho ditolak dan Ha diterima menunjukkan bahwa metode PQRST efektif digunakan dalam pembelajaran. Rata-rata post- test metode GPID sebesar 71,72 dan rata-rata metode PQRST sebesar 82,20. Disimpulkan metode PQRST lebih efektif digunakan dalam pembelajaran keterampilan menulis teks eksplanasi daripada menggunakan metode GPID pada kelas XI. Pendidik bahasa Indonesia diharapkan dapat memberikan pembelajaran yang inovatif dan menarik. Hendaknya, pendidik berpikir kritis dan kreatif dalam menggunakan berbagai metode, model maupun media dalam pembelajaran yang tepat penggunaanya untuk materi pembelajaran yang hendak diajarkan. Salah satunya penggunaan metode PQRST dan metode GPID dapat menjadi alternatif untuk membantu pemahaman peserta didik dalam keterampilan membaca. Pendidik menerapkan metode PQRST kepada peserta didik dalam kegiatan mengidentifikasi informasi teks eksplanasi yang dibaca dengan baik agar dapat membantu peserta didik dalam belajar dan memahami materi pembelajaran.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Teks Eksplanasi, Metode PQRST, Metode GPID |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra |
Fakultas: | Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1) |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 04:13 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 04:13 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64373 |
Actions (login required)
View Item |