PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIPA A2 BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL BAGI PENUTUR THAILAND


Istiqomah, 2101417023 (2023) PENGEMBANGAN BUKU AJAR BIPA A2 BERMUATAN PERMAINAN TRADISIONAL BAGI PENUTUR THAILAND. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101417023_ISTIQOMAH.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Minimnya ketersediaan buku ajar BIPA A2 dengan konten yang spesifik pada salah satu budaya Indonesia yang digunakan dalam proses pembelajaran BIPA A2 di Thailand, budaya Indonesia biasanya hanya ditampilkan pada bagian akhir bab secara singkat dan belum ada yang membahas secara khusus mengenai budaya permainan tradisional, sehingga perlu adanya suatu pengembangan buku ajar BIPA A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan analisis kebutuhan pengembangan buku ajar level A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand, (2) mendeskripsikan desain prototipe buku ajar level A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand, (3) mendeskripsikan hasil uji validitas buku ajar level A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand, dan (4) mendeskripsikan perbaikan buku ajar level A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D). Peneliti menggunakan lima langkah dari sepuluh langkah penelitian, yaitu (1) potensi dan masalah, (2) pengumpulan data, (3) desain produk, (4) validasi desain, dan (5) revisi desain. Data yang diperoleh dalam penelitian ini yaitu data kebutuhan pengajar Bahasa Indonesia dan data skor penilaian validator. Instrumen penelitian yang digunakan dalam penelitian ini meliputi: (1) angket kebutuhan pengembangan buku, (2) angket penilaian prototipe buku dan (3) pedoman wawancara. Hasil dari penelitian ini yaitu (1) pemelajar dan pengajar BIPA A2 di Thailand membutuhkan buku ajar BIPA A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand yang kebutuhannya dikelompokkan berdasarkan aspek kebutuhan buku ajar dan aspek prototipe buku ajar yang terdiri atas aspek materi dan isi, aspek penyajian materi, aspek kebahasaan dan aspek grafika. Secara umum pemelajar dan pengajar BIPA A2 di Thailand membutuhkan buku ajar BIPA A2 yang berisi materi dengan muatan permainan tradisional, grafika, penyajian materi yang menarik dengan kebahasaan yang mudah dipahami. (2) Pengembangan buku ajar BIPA A2 mengacu pada data kebutuhan pemelajar dan pengajar BIPA A2 di Thailand, pedoman penyusunan buku dari Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 27 Tahun 2017 tentang Bahasa Indonesia Bagi Penutur Asing dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan (Puskurbuk) dan hasil telaah pustaka. Bagian buku ajar terdiri atas bagian awal, bagian isi buku dan bagian akhir. (3) Hasil penilaian validator terhadap buku ajar BIPA A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand pada aspek materi atau isi buku memperoleh nilai 92,5 dengan predikat sangat baik. Aspek penyajian materi memperoleh predikat sangat baik dengan nilai 82,9. Pada aspek kebahasaan mendapatkan nilai 77 dengan predikat sangat baik. Aspek grafika memperoleh nilai 78 dengan predikat sangat baik. Jika dikalkulasi, nilai rata-rata buku ajar bahasa Indonesia bagi penutur asing (BIPA) 2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand adalah 82,6 dengan predikat sangat baik dari berbagai aspek. (4) Perbaikan buku ajar BIPA A2 yang bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand dilakukan pada aspek penyajian materi, aspek kebahasaan dan aspek grafika. Saran bagi pengajar BIPA A2 yang mengajar pemelajar dari Thailand hendaknya menggunakan buku ajar BIPA A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand. Bagi pemelajar BIPA A2 dari Thailand hendaknya menggunakan buku ajar BIPA A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand. Bagi Pemerintah, perlu adanya perhatian lebih terhadap ketersediaan buku ajar bermuatan budaya Indonesia untuk menunjang proses pembelajaran baik di sekolah maupun di rumah. Bagi Peneliti pendidikan, perlu adanya penelitian yang berkelanjutkan guna menguji keefektifan buku ajar BIPA A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand sehingga akan diperoleh kritik dan saran yang membangun agar buku ajar BIPA A2 bermuatan permainan tradisional bagi penutur Thailand dapat lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: buku ajar bipa, budaya permainan tradisional, penutur Thailand
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 04:09
Last Modified: 01 Oct 2024 04:09
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64370

Actions (login required)

View Item View Item