KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK DAN TEKNIK KATA BERANTAI MENGGUNAKAN VIDEO KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP


Maria Febby Momot, 2101416100 (2023) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN TEKNIK AKROSTIK DAN TEKNIK KATA BERANTAI MENGGUNAKAN VIDEO KERAGAMAN BUDAYA INDONESIA UNTUK SISWA KELAS VIII SMP. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 2101416100_ Maria Febby Momot.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Keterampilan menulis puisi harus diajarkan dengan baik kepada peserta didik kelas VIII di SMP dengan tujuan siswa bisa mengekspresikan ide, perasaaan, pengalaman, serta imajinasinya lewat aktivitas menulis karya sastra puisi secara kreatif. Namun, kenyataan di lapangan menunjukkan bahwa masih banyak siswa yang belum mampu melaksanakan kegiatan tersebut secara optimal. Rendahnya kemampuan menulis disebabkan penggunaan teknik pembelajaran yang tidak sesuai, sehingga siswa sulit memilih ide, penguasaan penerapan ide masih rendah terhadap pelajaran menulis puisi di kelas VIII SMP. Oleh karena itu, diperlukan sebuah teknik pembelajaran yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan kemampuan menulis puisi pada siswa kelas VIII SMP. Dalam hal ini, teknik akrostik dan kata berantai menjadi pilihan karena mampu melatih kreativitas dan kemampuan siswa dalam mengekspresikan ide melalui puisi. Selain itu, penggunaan video keragaman budaya Indonesia diharapkan dapat meningkatkan pemahaman siswa tentang keanekaragaman budaya Indonesia serta menginspirasi siswa dalam menulis puisi dengan tema budaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengukur keefektifan pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik dan teknik kata berantai menggunakan video keragaman budaya Indonesia pada siswa kelas VIII SMP. Rumusan masalah Penelitian ini adalah (1) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik menggunakan video keragaman budaya Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP ? (2) bagaimana keefektifan pembelajaran menulis puisi dengan teknik kata berantai menggunakan video keragaman budaya Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP ? (3) lebih efektif manakah, pembelajaran menulis puisi dengan teknik akrostik dan teknik kata berantai menggunakan video keragaman budaya Indonesia untuk siswa kelas VIII SMP ?. Penelitian ini dilakukan menggunakan metode eksperimen dengan desain pretest-posttest group design. Populasi yang terdapat dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII semester 1 SMP Negeri 13 Semarang tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel penelitian menggunakan sampling purposive dengan kelas VIII E dipilih sebagai kelas eksperimen 1 menggunakan perlakuan teknik akrostik dan kelas VIII D sebagai kelas eksperimen 2 menggunakan perlakuan teknik kata berantai. Pada prinsipnya terdapat tiga kegiatan inti dalam penelitian ini, yaitu tes awal, pemberian perlakuan, dan tes akhir. Pengambilan data dengan teknik tes dan nontes. Intrumen berupa soal proyek untuk menulis teks puisi. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji-t yang diperoleh dari data tes awal dan tes akhir masing-masing kelompok eksperimen. Berdasarkan hasil penelitian menggunakan uji-t terdapat perbedaan kondisi akhir antara data tes akhir kelompok eksperimen 1 dan kelompok eksperimen 2. Hasil nilai rata-rata tes akhir kelompok eksperimen 1 adalah 82,00 sedangkan nilai rata-rata kelas eksperimen 2 adalah 75,75. Berdasarkan data tersebut dapat disimpulkan nilai tes akhir teknik akrostik lebih tinggi dibandingkantknik kata beantai sehingga dapat dikatakan bahwa model teknik akrostik lebih efektif digunakan dalam pembelajaran menulis tek puisi. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, disarankan, (1) pembelajaran teks puisi sebaiknya menerapkan teknik pembelajaran akrostik dalam pembelajaran menulis teks puisi, (2) hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai referensi bagi peneliti lain untuk meningkatkan pembelajaran menulis teks puisi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: teknik akrostik, teknik kata berantai, video keragaman Budaya Indonesia, dan teks puisi.
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia > Pendidikan Bahasa dan Sastra
Fakultas: Fakultas Bahasa dan Seni > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (S1)
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 01 Oct 2024 03:56
Last Modified: 01 Oct 2024 03:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64368

Actions (login required)

View Item View Item