PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA
RAUDATUL JANNAH, 0404520011 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS MASALAH TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL PADA MATERI KOLOID UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN PROSES SAINS DAN KEMAMPUAN KOGNITIF SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa menggunakan bahan ajar berbasis masalah terintegrasi kearifan lokal pada materi koloid. Desain penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) yang mengacu pada model prosedural yang dimodifikasi menjadi 3D. Penelitian ini akan mengembangkan dan mengujicobakan produk berupa bahan ajar berbasis masalah terintegrasi kearifan lokal. Subjek penelitian yang digunakan yaitu siswa kelas XI MAN 1 Kabupaten Semarang. Responden yang dijadikan sampel sebanyak 56 siswa dari kelas XI MIPA 3 dan kelas XI MIPA 4. Sumber dan matode pengambilan data meliputi: observasi, wawancara, tes, angket dan dokumentasi. Analisis data penelitian terdiri atas karakteristik bahan ajar, analisis kelayakan, dan keefektifan. Hasil penelitian ini memperoleh nilai rata-rata validasi ahli materi dengan kategori sangat layak dan ahli media dengan kategori sangat baik digunakan. Penggunaan bahan ajar berbasis masalah terintegrasi kearifan lokal pada materi koloid efektif dalam melatih keterampilan proses sains dan kemampuan kognitif siswa yang ditunjukan dengan perhitungan uji N-Gain pada keterampilan proses sains sebesar 79,02% dan hasil belajar kognitif sebesar 85,26%. Tanggapan siswa skala besar sebesar 90 (sangat baik). Kesimpulan dari penelitian ini adalah menghasilkan produk dengan karakteristik berupa produk bahan ajar berorientasi pemecahan masalah terintegrasi kearifan lokal yang sangat layak dan efektif berdasarkan perhitungan N-Gain dan sangat baik digunakan sebagai sumber belajar.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Bahan Ajar Berbasis Masalah, Kearifan Lokal, Keterampilan Proses Sains, Kemampuan Kognitif siswa. |
Subjects: | L Education > L Education (General) Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 01 Oct 2024 03:22 |
Last Modified: | 01 Oct 2024 03:22 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64358 |
Actions (login required)
View Item |