KORELASI ANTARA PERSEPSI DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT PUBLIKASI BUKU BIDANG PENDIDIKAN DENGAN KEPANGKATAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021)


Arif Musthofa, 0602518083 (2022) KORELASI ANTARA PERSEPSI DAN MOTIVASI TERHADAP MINAT PUBLIKASI BUKU BIDANG PENDIDIKAN DENGAN KEPANGKATAN SEBAGAI VARIABEL MEDIASI (Studi pada Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kabupaten Sukoharjo Tahun 2021). Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0602518083_Arif Musthofa.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Publikasi buku bidang pendidikan merupakan salah satu sub unsur publikasi ilmiah dalam kegiatan pengembangan keprofesian berkelanjutan yang jarang diminati oleh guru. aspek-aspek yang berpengaruh terhadap minat di dalam kegiatan tersebut sangat beragam. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis korelasi antara persepsi, motivasi, dan kepangkatan terhadap minat publikasi buku bidang pendidikan. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasional non eksperimen tanpa perlakuan dan manipulasi kepada Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar di Kabupaten Sukoharjo. Penelitian ini dilaksanakan selama empat bulan pada bulan September, Oktober, November dan Desember tahun 2021. Populasi berjumlah 363 guru, pengambilan sampel menggunakan area sampling berjumlah 156 guru, instrumen menggunakan angket tertutup, analisis data menggunakan korelasi, regresi berganda dan analisis jalur dengan bantuan IBM SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada pengaruh moderat, positif dan signifikan persepsi dan motivasi secara simultan terhadap kepangkatan sebesar 36,3%, ada pengaruh sangat lemah, positif dan signifikan persepsi terhadap kepangkatan sebesar 3,7%, ada pengaruh lemah, positif dan signifikan motivasi terhadap kepangkatan sebesar 22,3%, ada pengaruh lemah, positif dan signifikan persepsi, motivasi dan kepangkatan secara simultan terhadap minat sebesar 27,8%, ada pengaruh sangat lemah, positif dan tidak signifikan persepsi terhadap minat kategori sebesar 1,2%, ada pengaruh sangat lemah, positif dan signifikan motivasi terhadap minat sebesar 4,6%, ada pengaruh sangat lemah, positif dan signifikan kepangkatan terhadap minat sebesar 8,9%, ada pengaruh sangat lemah, positif dan tidak signifikan persepsi terhadap minat melalui kepangkatan sebesar 0,34%, ada pengaruh sangat lemah, positif dan tidak signifikan motivasi terhadap minat melalui kepangkatan sebesar 1,98%. Simpulan penelitan menunjukkan bahwa persepsi dan motivasi secara simultan berpengaruh terhadap kepangkatan, persepsi berpengaruh terhadap kepangkatan, motivasi berpengaruh terhadap kepangkatan, persepsi, motivasi dan kepangkatan secara simultan berpengaruh terhadap minat, persepsi tidak berpengaruh terhadap minat, motivasi berpengaruh terhadap minat, kepangkatan berpengaruh terhadap minat, persepsi tidak berpengaruh terhadap minat melalui kepangkatan, motivasi tidak berpengaruh terhadap minat melalui kepangkatan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Minat, Motivasi, Pangkat, Persepsi, Publikasi Buku Bidang Pendidikan
Subjects: O Sport > Pendidikan Kepelatihan Olahraga
O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2024 06:33
Last Modified: 30 Sep 2024 06:33
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64336

Actions (login required)

View Item View Item