PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL VARK
Muslih Hasan Pambudi, 0401521001 (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS AUGMENTED REALITY UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MELALUI MODEL VARK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (10MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan teknologi memberikan peluang pada pengintegrasian teknologi dalam proses pembelajaran menjadi lebih eksploratif sehingga pembelajaran menjadi fleksibel dan interaktif. Penggunaan teknologi dimanfaatkan untuk membantu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa sehingga memiliki keterampilan yang diperlukan oleh masyarakat abad 21 dalam menghadapi berbagai macam tantangan dan permasalahan. Tujuan penelitiannya adalah mendapatkan karakteristik media pembelajaran berbasis augmented reality untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah siswa dan mengetahui perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa SMP antara kelas yang menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality pada materi bangun ruang sisi datar dengan kelas yang menggunakan model pembelajaran Problems Based Learning (PBL). Tahapan penelitiannya, pengggunaan augmented reality dalam proses pengembangan kemampuan pemecahan masalah siswa diintegrasikan dalam model pembelajaran VARK (Visual, Aural, Read/Write, dan Kinesthetics) untuk memaksimalkan peran aktif siswa dalam proses pembelajaran. Metode penelitiannya menggunakan model pengembangan yang digunakan menggunakan R & D dengan model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implement, dan Evaluate). Data kuantitatif yang diperoleh dari hasil tes kemampuan pemecahan masalah siswa dianalisis menggunakan Uji t dengan SPSS. Data kuantitatif penilaian aplikasi media pembelajaran berbasis augmented reality menggunakan skala likert diperoleh melalui angket. Hasil yang diperoleh meliputi karakteristik media pembelajaran berbasis augmented reality adalah media yang dapat membantu siswa SMP meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dan memberikan fasilitas khusus seperti manipulasi virtual, alat ukur virtual, mengeksplore permasalahan di dunia nyata, aplikasi ini diberi nama Et AR World (Explore the Augmented Reality World). Perbedaan rata-rata kemampuan pemecahan masalah siswa SMP yang menggunakan media pembelajaran berbasis augmented reality melalui model pembelajaran VARK dan kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL tidak memiliki perbedaan yang signifikan namun secara rata-rata nilai kelas eksperimen memiliki nilai yang lebih tinggi dibandingkan kelas yang menggunakan model pembelajaran PBL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pemecahan masalah, augmented reality, VARK |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:43 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:43 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64330 |
Actions (login required)
View Item |