Studi deskriptif tentang kinerja guru TK yang telah mendapatkan sertifikasi ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial di kabupaten Brebes Tahun 2007 – 2010


Suyatmi , 1601908037 (2011) Studi deskriptif tentang kinerja guru TK yang telah mendapatkan sertifikasi ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial di kabupaten Brebes Tahun 2007 – 2010. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Studi deskriptif tentang kinerja guru TK yang telah mendapatkan sertifikasi ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial di kabupaten Brebes Tahun 2007 – 2010.]
Preview
PDF (Studi deskriptif tentang kinerja guru TK yang telah mendapatkan sertifikasi ditinjau dari kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial di kabupaten Brebes Tahun 2007 – 2010.) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kualitas pendidikan akan terwujud jika proses belajar mengajar di kelas berlangsung dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya komponen yang mendukung, yang salah satunya adalah terpenuhinya kompetensi guru, baik kompetensi pedagogik, kompetensi professional, kompetensi kepribadian maupun kompetensi sosial. Kinerja guru mempunyai spesifikasi/kriteria tertentu. Kinerja guru dapat dilihat dan diukur berdasarkan spesifikasi/kriteria kompetensi yang harus dimiliki oleh setiap guru (Dirjen PMPTK, 2008). Oleh karena itu permasalahan yang diangkat adalah bagaimana kinerja guru TK yang telah tersertifikasi di Kabupaten Brebes tahun anggaran 2007 sampai dengan 2010. Penelitian ini dilakukan pada guru TK Kabupaten Brebes yang telah tersertifikasi dan sudah mendapatkan tunjangan sertifikasi tahun anggaran 2007 sampai dengan tahun 2010. Pengumpulan data dengan, angket dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis diskriptif persentase. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa kualitas kerja (quality of works) mendapatkan skor 90,4% (sangat baik), ketepatan waktu menyelesaikan pekerjaan (promptness) mendapatkan skor 90% (sangat baik), prakarsa dalam menyelesaikan pekerjaan (initiative) mendapatkan skor 91,2% (sangat baik), kemampuan menyelesaikan pekerjaan (capability) mendapatkan skor 93.9% (sangat baik) mendapatkan skor 93,2% (sangat baik), dan kemampuan membina kerjasama dengan pihak lain (communication) mendapatkan skor. Secara umum kinerja guru sudah sangat baik dengan skor 87,9%. Sedangkan untuk kompetensi pedagogik mencapai skor 90% (sangat baik), kompetensi kepribadian mencapai skor 89,9% (sangat baik), kompetensi professional mencapai skor 96,5% (sangat baik), dan kompetensi sosial mencapai skor 72,4% (baik). Secara keseluruhan kompetensi guru TK di Kabupaten Brebes yang telah tersertifikasi tahun anggaran 2007 sampai dengan tahun 2010 yang meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi professional, dan kompetensi sosial sudah sangat baik dengan skor 91,2%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan secara umum perlu ada perhatian khusus dalam upaya meningkatkan kompetensi yang jelas akan sangat mempengaruhi kinerja guru.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Studi deskriptif,kinerja, sertifikasi,kompetensi pedagogik, kepribadian, profesional dan sosial
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1)
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 08:28
Last Modified: 25 Apr 2015 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6433

Actions (login required)

View Item View Item