EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL DI MASA PANDEMI COVID-19


Fajar Aji Wibowo, 0602518027 (2023) EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI SE-KABUPATEN KENDAL DI MASA PANDEMI COVID-19. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0602518027 - Fajar Aji Wibowo.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bermaksud mengkaji Context, Input, Process, dan Product dari penerapan pembelajaran PJOK di SMK Negeri Kabupaten Kendal pada masa pandemi Covid-19. Model evaluasi yang akan digunakan dalam penelitian ini adalah model CIPP. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pembelajaran PJOK di SMK Negeri se�Kabupaten Kendal di masa pandemic Covid-19. 1) Mengevaluasi Context: Filsafat Pembelajaran Penjas, Tujuan Pembelajaran Penjas, 2) Input: Profil Guru, profil peserta didik, sarana dan prasarana pembelajaran, 3) Process: RPP, Pelaksanaan Pembelajaran PJOK, 4) Product: Evaluasi proses pembelajaran, Evaluasi hasil pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif dengan model evaluasi CIPP (Context, Input, Process, Product) Subjek penelitian ini meliputi kepala sekolah, guru PJOK, dan peserta didik di SMK Negeri se-Kabupaten Kendal. Teknik sampling menggunakan purposive sampling, dengan rincian kepala sekolah 7 orang, guru PJOK 7 orang, dan peserta didik 105 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi,wawancara, dokumentasi dan triangulasi data. Analisis data dengan cara sebagai berikut 1) Reduksi data, 2) Penyajian data,3) Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa evaluasi pelaksanaan evaluasipelaksanaan pembelajaran PJOK SMK Negeri se-Kabupaten Kendal pada masa pandemi Covid-19 sebesar 3,044 masuk kategori baik. Berdasarkan masing-masing komponen evaluasi, diperoleh hasil sebagai berikut. (1) Context evaluasipelaksanaan pembelajaran PJOK SMK Negeri se-Kabupaten Kendal pada masa pandemi Covid-19, sebesar 3,1 masuk kategori baik. Indikator filsafat pembelajaran Penjas sebesar 3,11 pada kategori baik dan tujuan pembelajaran Penjas sebesar 3,09 pada kategori baik. (2) Input evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMK Negeri se�Kabupaten Kendal pada masa pandemi Covid-19, sebesar 3,016 masuk kategori baik. Indikator profil guru sebesar 2,79 pada kategori baik, profil peserta didik sebesar 3,17 pada kategori baik, dan sarana dan prasarana pembelajaran sebesar 3,17 pada baik. Input evaluasi pelaksanaan pembelajaran SMK Negeri se-Kabupaten Kendal pada masa pandemi Covid-19 sebesar 3,016 pada kategori baik. (3) Process evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMK Negeri se-Kabupaten Kendal pada masa pandemi Covid-19, sebesar 3,04 masuk kategori baik. Indikator RPP sebesar 3,04 pada kategori baik dan pelaksanaan pembelajaran daring sebesar 2,72 pada kategori baik. (4) Product evaluasi program pelaksanaan evaluasi pelaksanaan pembelajaran PJOK SMK Negeri se-Kabupaten Kendal pada masa pandemi Covid-19, sebesar 3,18 masuk kategori baik. Indikator evaluasi proses pembelajaran sebesar 3,18 pada kategori baik dan evaluasi hasil pembelajaran sebesar 3,18 pada kategori baik. Simpulan evaluasi pembelajaran PJOK SMK Negeri se-Kabupaten Kendal pada masa pandemi Covid-19 pada Context, Input, Process dan Product sebesar 3,044 masuk dalam kategori baik.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Evaluasi, pembelajaran PJOK, pandemi Covid-19
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2024 04:18
Last Modified: 30 Sep 2024 04:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64320

Actions (login required)

View Item View Item