PENGARUH LATIHAN GERAK DASAR MOTORIK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (C1) MELALUI PENDAMPINGAN GURU PENDAMPING KHUSUS (GPK) DAN TANPA MELALUI PENDAMPINGAN TERHADAP KUALITAS GERAK SISWA
Bambang Ferianto Tjahyo Kuntjoro, 0601614003 (2023) PENGARUH LATIHAN GERAK DASAR MOTORIK SISWA TUNAGRAHITA RINGAN (C1) MELALUI PENDAMPINGAN GURU PENDAMPING KHUSUS (GPK) DAN TANPA MELALUI PENDAMPINGAN TERHADAP KUALITAS GERAK SISWA. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Salah satu program pendidikan inklusi di masing-masing tingkatan sekolah adalah pelaksanaan mata pelajaran pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan (penjasorkes) di Sekolah Dasar Negeri Inklusi. Mata pelajaran tersebut memiliki arti penting dalam mengembangkan potensi anak berkebutuhan khusus. Tujuan penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui pengaruh latihan gerak dasar motorik siswa tunagrahita ringan (C1) melalui pendampingan guru pendamping khusus terhadap kualitas gerak siswa (2) Untuk mengetahui pengaruh latihan gerak dasar motorik siswa tunagrahita ringan (C1) tanpa melalui pendampingan guru pendamping khusus terhadap kualitas gerak siswa (3) Untuk mengetahui Perbedaan pengaruh latihan gerak dasar motorik siswa melalui pendampingan guru khusus dan tanpa pendampingan Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif Quasi eksperimen, yang terdiri dari dua variabel bebas dan satu variable terikat (kualitas gerak siswa). Subjek penelitian ini menggunakan siswa Tunagrahita ringan dari kelas 1 sampai dengan kelas VI. Jumlah sampel adalah 45 siswa. Teknik pengumpulan data melalui observasi dan tes lapangan. Instrumen penelitiannya adalah menggunanan tes TKJI yang dimodifiaksi sesuai dengan kemampuan siswa disabilitas. Desain yang digunakan dalam penelitian ini adalah A Counter Balance Desaign Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh pada latihan gerak dasar motorik siswa tunagrahita (C1) melalui pendampingan dan terdapat pengaruh pada latihan gerak dasar tanpa melalui pendampingan terhadap kualitas gerak siswa. Berdasarkan output pada uji Shapiro-Wilk > 0,05 bahwa data penelitian berdistribusi Normal. Bedasarkan hasil uji hipotesis kedua variabel tersebut menunjukkan perbedaan hasil yang signifikansi dimana gerak dasar motorik siswa tunagrahita tidak melalui pendampingan terhadap kualitas gerak siswa dengan nilai signifikansi 0,102. Gerak dasar motorik siswa tunagrahita melalui pendampingan guru pendamping khusus dengan nilai signifikansi 0,000 yang berarti kedua data tersebut adalah memiliki pengaruh. Simpulan dari penelitian ini (1) Terdapat pengaruh latihan gerak dasar motorik siswa tunagrahita ringan (C1) melalui pendampingan terhadap kualitas gerak siswa. (2) Terdapat pengaruh latihan gerak dasar motorik siswa tunagrahita (C1) tanpa melalui pendampingan terhadap kualitas gerak siswa. (3) Terdapat perbedaan pengaruh latihan gerak dasar motorik siswa tunagrahita (C1) melalui pendampingan dan tanpa melalui pendampingan terhadap kualitas gerak siswa.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Gerak dasar motorik, Siswa tunagrahita, Pendampingan guru khusus,Tanpa melalui pendampingan, Kualitas gerak |
Subjects: | L Education > teacher competence O Sport > Relaxation O Sport > Education, Training, Research |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S3 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 04:07 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 04:07 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64315 |
Actions (login required)
View Item |