PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMBUAT POLA GAUN SESUAI DENGAN DESAIN
Rahmawati Noor Jannah, 0501520006 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR KOMPETENSI MEMBUAT POLA GAUN SESUAI DENGAN DESAIN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (15MB) | Request a copy |
Abstract
Selama ini video pembuatan pola busana yang diambil guru dari youtube hanya memenuhi beberapa indikator dalam mata pelajaran membuat pola, guru terkendala waktu dalam membuat media pembelajaran audio visual, guru masih banyak yang belum menguasai IT terutama dalam pembuatan media audio visual, dan peserta didik merasa kesulitan memahami langkah pembuatan pola gaun sesuai dengan desain tanpa bimbingan guru secara lanjut ketika guru menggunakan metode ceramah, jobsheet, dan modul. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji kelayakan media pembelajaran audio visual kompetensi membuat pola gaun sesuai dengan desain, (2) menguji keefektifan media pembelajaran audio visual membuat pola gaun sesuai dengan desain, (3) menguji kepraktisan media pembelajaran audio visual membuat pola gaun sesuai dengan desain. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI semester 1 jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Sayung yang berjumlah 31 siswa. Analisis data penelitian ini yaitu pada uji kelayakan menggunakan CVR, uji keefektifan menggunakan uji t dan N-Gain, sedangkan uji kepraktisan menggunakan persentase validasi audiensi dan validasi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran audio visual disebut layak oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil CVR lebih dari 0.75. Penggunaan media pembelajaran audio visual pada proses pembelajaran membuat pola gaun sesuai dengan desain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu melalui hasil uji t dan hasil uji N-gain sebesar 53.60%, sehingga dapat dikatakan media pembelajaran efektif diterapkan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran audio visual membuat pola gaun sesuai dengan desain memperoleh hasil persentase respon pengguna siswa sebanyak 89.58% dan respon pengguna guru sebanyak 94.92% sehingga media pembelajaran masuk dalam kategori sangat praktis karena memperoleh hasil lebih dari 85.01%. Media pembelajaran audio visual membuat pola gaun layak, efektif, dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran audio visual dapat berjalan optimal apabila seluruh siswa memiliki handphone android dan menggunakannya dalam pembelajaran di sekolah ataupun belajar mandiri di rumah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Selama ini video pembuatan pola busana yang diambil guru dari youtube hanya memenuhi beberapa indikator dalam mata pelajaran membuat pola, guru terkendala waktu dalam membuat media pembelajaran audio visual, guru masih banyak yang belum menguasai IT terutama dalam pembuatan media audio visual, dan peserta didik merasa kesulitan memahami langkah pembuatan pola gaun sesuai dengan desain tanpa bimbingan guru secara lanjut ketika guru menggunakan metode ceramah, jobsheet, dan modul. Tujuan penelitian ini adalah (1) menguji kelayakan media pembelajaran audio visual kompetensi membuat pola gaun sesuai dengan desain, (2) menguji keefektifan media pembelajaran audio visual membuat pola gaun sesuai dengan desain, (3) menguji kepraktisan media pembelajaran audio visual membuat pola gaun sesuai dengan desain. Model penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah ADDIE. Subjek penelitian pengembangan ini adalah siswa kelas XI semester 1 jurusan tata busana di SMK Negeri 1 Sayung yang berjumlah 31 siswa. Analisis data penelitian ini yaitu pada uji kelayakan menggunakan CVR, uji keefektifan menggunakan uji t dan N-Gain, sedangkan uji kepraktisan menggunakan persentase validasi audiensi dan validasi pengguna. Hasil penelitian menunjukkan media pembelajaran audio visual disebut layak oleh ahli materi dan ahli media dengan hasil CVR lebih dari 0.75. Penggunaan media pembelajaran audio visual pada proses pembelajaran membuat pola gaun sesuai dengan desain menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar yaitu melalui hasil uji t dan hasil uji N-gain sebesar 53.60%, sehingga dapat dikatakan media pembelajaran efektif diterapkan pada proses pembelajaran untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Media pembelajaran audio visual membuat pola gaun sesuai dengan desain memperoleh hasil persentase respon pengguna siswa sebanyak 89.58% dan respon pengguna guru sebanyak 94.92% sehingga media pembelajaran masuk dalam kategori sangat praktis karena memperoleh hasil lebih dari 85.01%. Media pembelajaran audio visual membuat pola gaun layak, efektif, dan sangat praktis digunakan dalam pembelajaran. Media pembelajaran audio visual dapat berjalan optimal apabila seluruh siswa memiliki handphone android dan menggunakannya dalam pembelajaran di sekolah ataupun belajar mandiri di rumah. |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:56 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:56 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64311 |
Actions (login required)
View Item |