Analisis Kesesuaian Materi dan Penyajian Buku Teks Mata Pelajaran Matematika SMP RSBI Kelas VII di Kota Semarang Terhadap Tujuan Pembelajaran Matematika.
Nur Apri Rakhmawati, 4101407071 (2011) Analisis Kesesuaian Materi dan Penyajian Buku Teks Mata Pelajaran Matematika SMP RSBI Kelas VII di Kota Semarang Terhadap Tujuan Pembelajaran Matematika. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
PDF
Download (0B) |
Abstract
Analisis dalam penelitian ini berfokus pada penilaian buku pada aspek materi dan penyajian buku teks mata pelajaran matematika SMP RSBI kelas VII di Kota Semarang dan kesesuaiannya terhadap tujuan pembelajaran matematika. Untuk RSBI, pelajaran matematika disampaikan dengan pengantar bahasa Inggris dan juga menggunakan buku berbahasa Inggris. Masalah yang melatarbelakangi penelitian ini adalah keberadaan buku pelajaran matematika berbahasa Inggris penunjang buku paket yang digunakan dalam pembelajaran merupakan buku paket terbitan swasta yang belum mendapatkan pengesahan atau belum memenuhi standar kelayakan menurut Depdiknas. Objek utama yang diteliti adalah buku ”Math for Junior High School Grade VII” karya Cholik Adinawan dan Sugijono yang diterbitkan oleh penerbit Erlangga tahun 2009 yang merupakan buku penunjang yang digunakan dalam pembelajaran selain buku paket. Buku paket terbitan Direktorat Pengembangan SMP Depdiknas tahun 2009 yang berjudul “Student Book Mathematics for Grade VII Junior High School” diteliti sebagai buku pembanding. Penilaian buku dilakukan oleh tiga orang penilai, yaitu peneliti dan dua orang guru matematika. Penilaian buku dilaksanakan dengan pengisian lembar penilaian Berdasarkan penelitian yang telah dilakukan terhadap objek utama buku ”Math for Junior High School Grade VII” diperoleh rata-rata persentase skor 82,75% menurut peneliti dan 89,82% menurut guru penilai 1. Sebagai pembanding, pada buku “Student Book Mathematics for Grade VII Junior High School” diperoleh rata-rata persentase skor 86,45% menurut peneliti dan 87,99% menurut guru penilai 2. Berdasarkan hasil perhitungan uji kesesuaian penilaian dengan statistika nonparametrik, tidak ada perbedaan penilaian antara peneliti dan guru penilai dalam memberikan penilaian buku baik pada buku A maupun pada buku B. Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, materi dan penyajian buku ”Math for Junior High School Grade VII” sudah memenuhi standar BSNP dengan kekurangan pada sub aspek tujuan, sub aspek materi prasyarat, dan sub aspek perkembangan teknologi. Kedua, materi dan penyajian buku pembanding yang berjudul“Student Book Mathematics for Grade VII Junior High School” juga sudah memenuhi standar dari BSNP. Kekurangan buku pembanding ini pada sub aspek materi prasyarat dan sub aspek perkembangan teknologi. Ketiga, aspek materi dan penyajian kedua buku sudah sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika. Kedua buku tersebut dapat digunakan dalam pembelajaran karena sudah memenuhi standar aspek penyajian dan materi serta sesuai dengan tujuan pembelajaran matematika.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Analisis, Materi dan Penyajian, Buku Teks, Tujuan Pembelajaran Matematika |
Subjects: | Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1 |
Depositing User: | eko handoyo perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Oct 2011 08:24 |
Last Modified: | 27 Oct 2011 08:24 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6431 |
Actions (login required)
View Item |