PENGEMBANGAN JURNAL ELEKTRONIK PRAKTIK KERJA LAPANGAN SESUAI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA LEVEL 2 TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEMARANG
Tri Santosa, 0501520003 (2022) PENGEMBANGAN JURNAL ELEKTRONIK PRAKTIK KERJA LAPANGAN SESUAI KERANGKA KUALIFIKASI NASIONAL INDONESIA LEVEL 2 TEKNIK KENDARAAN RINGAN DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 1 SEMARANG. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan program pembelajaran bagi siswa SMK yang dilaksanakan secara khusus sebagai wujud dari pendidikan sistem ganda. PKL menjadi salah satu ciri khas pendidikan vokasi, yaitu memenuhi kebutuhan peserta didik dalam kegiatan belajar sesuai dengan realitas dunia usaha dan dunia industri. Pelaksanaan PKL yang selama ini berjalan terdapat beberapa permasalahan salah satunya yaitu terkait pengisian jurnal kegiatan. Tujuan dari penelitian ini adalah (1) menggembangkan jurnal elektronik PKL yang sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia (KKNI) level 2 Teknik Kendaraan Ringan (TKR); (2) menganalisis kelayakan jurnal elektronik PKL yang sesuai KKNI level 2; (3) menganalisis kepraktisan jurnal elektronik PKL yang sesuai KKNI level 2; (4) menganalisis keefektifan jurnal elektronik PKL yang sesuai KKNI level 2 untuk meningkatkan kompetensi lulusan. Metode penelitian ini menggunakan penelitian dan pengembangan R and D yang dipilih adalah ADDIE, yang terdiri dari lima tahap yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar jawaban penilaian terhadap jurnal elektronik PKL yang sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia level 2; dan instrumen untuk mengukur capaian kompetensi siswa kelas XI TKR di SMK Negeri 1 Semarang. Data dianalisis menggunakan (1) analisis kategorial guna menentukan tingkat kelayakan jurnal elektronik PKL yang sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia level 2; (2) analisis kategorial Guttman guna menentukan tingkat kepraktisan jurnal elektronik PKL yang sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia level 2, yaitu menggunakan koefisien Kr dan Ks; dan (3) N-Gain dan uji beda N-Gain menggunakan uji t, guna menentukan keefektifan jurnal elektronik PKL yang sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia level 2 terhadap kompetensi siswa. Hasil uji kelayakan, kepraktisan dan uji efektifitas jurnal elektronik PKL yang sesuai kerangka kualifikasi nasional Indonesia level 2 memperoleh tanggapan rata-rata 4,26 kriteria sangat layak, dari uji kepraktisan memperoleh tanggapan rata-rata 82,86% kriteria sangat praktis, dan dari uji keefektifan pada kelas eksperimen memperoleh rata-rata 71,38% kriteria cukup efektif. Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa jurnal elektronik PKL yang sesuai KKNI level 2 teknik kendaraan ringan sangat layak digunakan dan sangat praktis dalam penggunaannya serta cukup efektif untuk meningkatkan kompetensi siswa kelas XI TKR 3 di SMK N 1 Semarang. Saran dari hasil penelitian ini bahwa jurnal elektronik PKL yang sesuai KKNI level 2 teknik kendaraan ringan dapat dijadikan sebagai alternative untuk digunakan siswa dalam pelaksanaan PKL.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Jurnal Elektronik PKL dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Level II |
Subjects: | L Education > Educational Institutions |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Kejuruan, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:51 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:51 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64307 |
Actions (login required)
View Item |