PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI NEXT GENERATION SCIENCE STANDARDS (NGSS) PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN NANOTEKNOLOGI


Ubaedah Afiyah, 0404518006 (2023) PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERORIENTASI NEXT GENERATION SCIENCE STANDARDS (NGSS) PADA MATERI STRUKTUR ATOM DAN NANOTEKNOLOGI. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0404518006_Ubaedah Afiyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (734kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian tentang pengembangan bahan ajar berorientasi NGSS pada materi struktur atom dan pengaplikasiannya dalam nanoteknologi telah dilakukan. Bahan ajar yang digunakan adalah modul. Hadirnya modul tersebut untuk menambah referensi bacaan bagi guru dan peserta didik dalam pembelajaran kimia, khususnya pada materi struktur atom dan nanoteknologi. Penelitian tersebut merupakan kategori penelitian Research and Development (R & D) yang mengacu pada model 4D namun dalam pelaksanaannya hanya sampai 3 tahap saja, yakni pendefinisian (define), perencanaan (design), serta pengembangan (develop). Untuk validasi modul berorientasi NGSS dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Sedangkan penilaian kualitas modul berorientasi NGSS tersebut dilakukan oleh 3 orang guru pelajaran kimia. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas IX SMA Islam Sultan Fatah Wedung, Demak. Penelitian dilakukan dengan melakukan uji coba kelas kecil atau terbatas terhadap bahan ajar yang dikembangkan guna untuk mengetahui apakah layak digunakan atau tidak dalam pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket penilaian media, penilaian materi, respon guru dan peserta didik terhadap modul. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa (1) penelitian telah menghasilkan bahan ajar yang yang berkarakteristik NGSS pada materi struktur atom berbasis nanoteknologi, (2) modul yang dikembangkan layak digunakan untuk pembelajaran kimia terkait materi struktur atom dan aplikasinya pada nanoteknologi tingkat SMA sederajat pada fase E, berdasarkan hasil validasi ahli materi, ahli media secara berturut-turut sebesar 83,5% dan 87% dengan kriteria sangat layak dan respon guru (reviewer) sebesar 69% dengan kriteria baik dan respon peserta didik sebesar 79% dengan kriteria baik. Kekurangan dalam penelitian ini adalah modul belum diaplikasikan kelas besar, sehingga perlu diuji efektifitasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Bahan Ajar, NGSS, Struktur Atom, Nanoteknologi.
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:37
Last Modified: 30 Sep 2024 03:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64304

Actions (login required)

View Item View Item