PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI ASAM BASA DAN ANALISISNYA MENGGUNAKAN ANATES V4
LILA NOR ARDIANI, 0404518005 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS BERBANTUAN APLIKASI QUIZIZZ PADA MATERI ASAM BASA DAN ANALISISNYA MENGGUNAKAN ANATES V4. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (2MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya variasi soal keterampilan berpikir kritis sehingga perlu adanya pengembangan instrumen untuk mengetahui kelayakan, validitas, reliabilitas dari instrumen penilaian berpikir kritis berbantuan aplikasi Quizizz, serta mengetahui respon dari guru dan peserta didik pada materi asam basa yang dianalisis menggunakan aplikasi Anates V4. Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan mengacu pada model 4-D yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu pendefinisian (Define), perencanaan (Design), pengembangan (Develop) dan penyebaran (Disseminate). Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas XI dan XII SMA Nurul Muslim Batealit Jepara sebanyak 76 peserta didik. Validasi produk instrumen penilaian dilakukan oleh ahli media dan ahli materi. Metode dan sumber pengambilan data meliputi: wawancara, angket dan tes. Teknis analisis validitas dan reliabilitas isi instrumen penilaian menggunakan aplikasi Anates V4 yang dapat menganalisa beberapa poin diantaranya validitas (korelasi skor butir dengan skor total), reliabilitas, daya pembeda, kelompok unggul dan kelompok asor, dan tingkat kesukaran. Hasil pengembangan dapat disimpulkan bahwa hasil analisis dari aplikasi Anates V4 terhadap data penelitian menujukkan validitas sebesar 0,90 (uji coba terbatas, tergolong sangat valid) dan 0,95 (uji coba skala luas, tergolong sangat valid). Nilai reliabilitas sebesar 0,95 (uji coba terbatas, tergolong reliabilitas sempurna) dan 0,98 (uji coba skala luas, tergolong reliabilitas sempurna). Produk memperoleh penilaian ahli materi sebesar 89 (sangat layak), penilaian ahli media sebesar 91 (sangat layak), penilaian respon dari guru sebesar 94 (sangat baik), penilaian respon peserta didik sebesar 82 (sangat baik). Hal ini menujukkan bahwa instrumen penilaian keterampilan berpikir kritis berbantuan aplikasi Quizizz sangat layak dan baik digunakan sebagai instrumen penilaian online berbasis aplikasi dalam pembelajaran Kimia khususnya pada materi asam basa kelas XI tingkat SMA.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keterampilan Berpikir Kritis, Aplikasi Quizizz, Anates V4 |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QD Chemistry |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2 |
Depositing User: | Setyarini UPT Perpus |
Date Deposited: | 30 Sep 2024 03:34 |
Last Modified: | 30 Sep 2024 03:34 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64302 |
Actions (login required)
View Item |