EFEKTIVITAS MEDIA BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK


Rouf Khoironi, 0404518002 (2023) EFEKTIVITAS MEDIA BERBASIS ANDROID DALAM PEMBELAJARAN KIMIA UNTUK MENINGKATKAN LITERASI KIMIA DAN MOTIVASI BELAJAR PESERTA DIDIK. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0404518002_ROUF KHOIRONI.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Telah dilakukan penelitian kuantitatif tentang efektivitas media berbasis android dalam pembelejaran kimia untuk mengetahui pengaruh penggunaan media berbasis android dalam pembelajaran kimia materi laju reaksi terhadap kemampuan literasi kimia dan motivasi belajar peserta didik Penelitian ini termasuk dalam jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Subjek penelitian yang digunakan adalah peserta didik kelas XI SMA Nurul Muslim Batealit Jepara. Sebelum pelaksanaan penelitian ini dilakukan persiapan pembuatan media pembelajaran untuk kelas eksperimen dengan melakukan uji coba terbatas media untuk mengetahui keterbacaan media ahli media, ahli materi, guru kimia peer reviewer dan peserta didik, uji coba angket motivasi belajar dan uji coba soal tes menggunakan indikator literasi kimia kepada peserta didik selain sampel. Penelitian eksperimen ini menggunakan seluruh kelas XI MIPA SMA Nurul Muslim Batealit dalam pembelajaran kimia materi laju reaksi. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan angket motivasi belajar dan soal post-test kemampuan literasi kimia yang telah dinyatakan valid dan reliabel. Analisis data hasil post-test kemampuan literasi kimia dan motivasisi belajar peserta didik menggunakan Independent Samples T-Test berturut-turut menunjukkan bahwa kemampuan literasi peserta didik kelas eksperimen (M = 77,95, SD = 6,98) secara signifikan lebih tinggi dari kelas kontrol (M = 71,70, SD = 9,79), t(48)=2,556 p = 0,014, d=6,25 dan menunjukkan bahwa motivasi belajar peserta didik kelas eksperimen (M = 84,35, SD = 6,71) secara signifikan lebih tinggi dari kelas kontrol (M = 80,11, SD = 6,77), t(48)=2,215 p = 0,032, d=4,24. Hasil analisis menggunakan Independent Samples Effect Sizes menunjukkan bahwa penggunakan media berbasis android dalam pembelajaran kimia berpengaruh sedang (d=0,725) terhadap peningkatan kemampuan litearis kimia dan berpengaruh sedang (d=0,628) terhadap motivasi belajar peserta didik. Hasil analisis partial eta squared variabel kemampuan literasi memberikan sumbangan pengaruh media berbasis android terhadap kemampuan literasi kimia sebesar 12.00%. sedangkan variabel motivasi belajar memberikan sumbangan pengaruh media berbasis android terhadap motivasi belajar peserta didik sebesar 9,30%.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas media berbasis Android, Laju Reaksi, Literasi Kimia, Motivasi Belajar
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Kimia, S2
Depositing User: Setyarini UPT Perpus
Date Deposited: 30 Sep 2024 03:31
Last Modified: 30 Sep 2024 03:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64300

Actions (login required)

View Item View Item