Studi Korelasi Latar Belakang Pendidikan dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru TK Di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal
WARSIDAH , 1601908056 (2011) Studi Korelasi Latar Belakang Pendidikan dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru TK Di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (Studi Korelasi Latar Belakang Pendidikan dan Kesejahteraan Terhadap Kinerja Guru TK Di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal)
- Published Version
Download (1MB) | Preview |
Abstract
Kualitas pendidikan akan terwujud jika proses belajar mengajar di kelas berlangsung dengan baik. Untuk mewujudkan hal tersebut diperlukan adanya komponen yang mendukung, yang salah satunya adalah kinerja guru yang profesional. Kinerja guru dalam proses belajar mengajar ditentukan oleh latar belakang pendidikan dan kesejahteraan. Oleh karena itu permasalahan yang diangkat adalah : (1) Bagaimana latar belakang pendidikan guru TK di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal? (2) Bagaimana keadaan dan tingkat kesejahteraan guru TK di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal? (3) Adakah pengaruh latar belakang pendidikan dan pekerjaan sampingan terhadap kinerja guru TK di Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal? Penelitian ini dilakukan pada guru TK Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal jumlah 62 orang. Variabel bebas yang dikaji dalam penelitian ini adalah latar belakang pendidika (X1) dan Kesejahteraan (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja guru (Y). Pengumpulan data dengan cara tes, angket dan observasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis dengan analisis diskriptif persentase dan analisis regresi baik parsial dan simultan. Hasil analisis deskriptif persentase menunjukkan bahwa latar belakang pendidikan sangat beragam (heterogen), dan kesejahteraan kategori cukup. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data tentang kinerja guru TK Kecamatan Margasari Kabupaten Tegal secara keseluruhan dapat diketahui secara umum bahwa rata-rata guru memiliki kinerja yang baik. Hubungan latar belakang pendidikan dan tingkat kesejahteraan guru secara simultan terhadap kinerja guru tergolong sangat kuat atau sangat tinggi. Kontribusi secara simultan r2 x 100% = 0,8132 x 100% = 66,10% dan sisanya 33,90% ditentukan oleh variabel lain. Setelah dihitung ternyata F hitung > F tabel atau 5,75 > 4,004, maka tolak Ho dan terima Ha artinya terdapat hubungan yang signifikan antara latar belakang pendidikan dan kesejahteraan terhadap kinerja guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan secara umum perlu ada perhatian khusus dalam upaya meningkatkan kinerja guru yaitu berhubungan dengan latar belakang pendidikan dan kesejahteraan.
Item Type: | Thesis (Under Graduates) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | latar Belakang pendidikan, kesejahteraan, kinerja guru |
Subjects: | H Social Sciences > HC Economic History and Conditions |
Fakultas: | Fakultas Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru PAUD (S1) |
Depositing User: | budi Budi santoso perpustakaan |
Date Deposited: | 27 Oct 2011 08:12 |
Last Modified: | 25 Apr 2015 06:20 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6429 |
Actions (login required)
View Item |