PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia)


Helina Fitria Ningrum, 7211417155 (2021) PENGARUH STRUKTUR MODAL, LIKUIDITAS, DAN GOOD CORPORATE GOVERNANCE TERHADAP KUALITAS LABA (Studi Kasus Perusahaan Pertambangan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211417155 - Helina Fitria.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB) | Request a copy

Abstract

Kualitas laba merupakan laba yang mencerminkan kinerja yang sebenernya sehingga tidak menyesatkan para pemangku kepentingan dalam pengambilan keputusan. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh struktur modal, likuiditas, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, keahlian akuntansi dewan komisaris, dan komite audit terhadap kualitas laba. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan pertambangan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) tahun 2014-2019 yang berjumlah 47 perusahaan. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode purposive sampling dengan jumlah sample rata-rata 139 unit analisis. Pengumpulan data yang digunakan dengan teknik dokumentasi. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi data panel dengan pendekatan Fixed Effect model (FEM). Hasil penelitian ini menujukkan bahwa variabel struktur modal, likuiditas, dan komite audit tidak berpengaruh terhadap kualitas laba. Sedangkan variabel kepemilikan manajerial, dan dewan komisaris independen berpengaruh negatif terhadap kualitas laba. Keahlian akuntansi dewan komisaris berpengaruh positif terhadap kualitas laba. Penelitian selanjutnya disarankan dapat menambahkan objek penelitian selain perusahaan pertambangan, menambah periode pengamatan dan menambah variabel yang berbeda. Sehingga hasil analisis yang diperoleh lebih akurat.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: struktur modal, likuiditas, kepemilikan manajerial, dewan komisaris independen, keahlian akuntansi dewan komisaris, komite audit, kualitas laba.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:29
Last Modified: 30 Sep 2024 02:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64289

Actions (login required)

View Item View Item