PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada OPD Kabupaten Batang)


Widatul Aziyah, 7211417021 (2021) PENGARUH SISTEM PENGENDALIAN INTERN DAN KOMITMEN ORGANISASI TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN PEMERINTAH DAERAH DENGAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA SEBAGAI VARIABEL MODERATING (Studi Empiris Pada OPD Kabupaten Batang). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211417021 - Widatul Aziyah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB) | Request a copy

Abstract

Pembaruan yang terjadi pada berbagai aspek sektor publik mendorong pemerintah daerah untuk mewujudkan tata kelola pemerintahan yang baik (good government governance). Laporan keuangan pemerintah daerah diartikan sebagai wujud dari pertanggungjawaban pemerintah daerah dalam mewujudkan tanggungjawab yang dibuat selama satu periode anggaran. Sehingga laporan keuangan pemerintah daerah dapat dikatakan sebagai gambaran dari kegiatan yang ada di pemerintahan apakah sudah terlaksana dengan baik atau belum, oleh sebab itu pemerintah daerah harus menyajikan laporan keuangan yang berkualitas. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh SPI dan KO terhadap KLKPD dengan dimoderasi oleh variabel KSDM. Populasi dan sampel dalam penelitian ini adalah Aparatur Sipil Negara yang bekerja pada bagian keuangan di OPD Kabupaten Batang yaitu Kepala Sub Bagian Keuangan dan Bendahara Pengeluaran dengan total 88 orang di OPD se-Kabupaten Batang. Teknik sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling. Data yang digunakan dalam penelitian ini merupakan data primer berupa kuesioner. Pengukuran variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji asumsi klasik, uji selisih nilai mutlak, uji koefisien determinasi, uji simultan, uji parsial dengan bantuan software IBM SPSS versi 25.0. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa SPI secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap KLKPD, sedangkan KO secara parsial tidak berpengaruh terhadap KLKPD. Hasil pengujian hipotesis menggunakan variabel moderating menunjukkan bahwa KSDM tidak mampu memoderasi pengaruh SPI dan KO terhadap KLKPD. Simpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa SPI secara parsial berpengaruh positif dan signifikan terhadap KLKPD, sedangkan KO secara parsial tidak berpengaruh terhadap KLKPD. Kemudian variabel moderasi menunjukkan hasil bahwa KSDM tidak mampu memoderasi pengaruh SPI dan KO terhadap KLKPD. Saran bagi Pemerintah Kabupaten Batang, diharapkan dapat meningkatkan pemahaman yang lebih baik mengenai aspek SPI, KO, dan KSDM untuk menunjang KLKPD.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Sistem Pengendalian Intern, Komitmen Organisasi, Kompetensi Sumber Daya Manusia, dan Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah.
Subjects: H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:19
Last Modified: 30 Sep 2024 02:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64286

Actions (login required)

View Item View Item