PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DENGAN FINANCIAL DISTRESS SEBAGAI MODERASI PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DALAM BEI


Angela Putri Amadea Valentina Witarso, 7211414185 (2021) PENGARUH PROFITABILITAS, LEVERAGE, GROWTH OPPORTUNITY TERHADAP KONSERVATISME AKUNTANSI DENGAN FINANCIAL DISTRESS SEBAGAI MODERASI PADA PERUSAHAAN PROPERTY DAN REAL ESTATE YANG TERDAFTAR DALAM BEI. Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7211414185 - angela putri amadea valentina w.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (788kB) | Request a copy

Abstract

Kasus manipulasi laporan keuangan marak terjadi pada perusahaan property dan real estate. Salah satu hal yang diperhatikan adalah pentingnya prinsip konservatisme akuntansi yang diakibatkan semakin mengarahnya perekonomian ke pasar bebas di mana akan mendorong perusahaan untuk berhati�hati dalam menyajikan segala aspek keuangan maupun aspek-aspek lainnya. Hal tersebut mencegah perusahaan tidak memberikan laporan dengan angka-angka fiktif yang mampu menyesatkan investor maupun pihak lain. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh antara profitabilitas, leverage, dan growth opportunity terhadap konservatisme akuntansi dengan dimoderasi oleh financial distress pada laporan keuangan perusahaan property dan real estate yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia (BEI). Teori yang menjadi landasan dalam penelitian ini adalah signaling theory (teori sinyal), positive accounting theory (teori akuntansi positif), dan agency theory (teori agensi). Populasi dalam penelitian ini perusahaan property dan real estate yang terdaftar dalam Bursa Efek Indonesia. Jumlah sampel dalam penelitian ini yaitu 42 perusahaan yang dipilih berdasarkan kriteria yang terdaftar. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan moderate regression analysis (MRA) dengan menggunakan aplikasi IBM SPSS Statistic 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel profitabilitas berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Kemudian, variabel leverage juga berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Begitu juga dengan variabel growth opportunity juga berpengaruh terhadap konservatisme akuntansi. Pada penelitian ini, variabel financial distress dapat menajadi pemoderasi pengaruh antara profitabilitas, leverage, dan growth opportunity terhadap konservatisme akuntansi. Saran untuk penelitian selanjutnya agar dapat menambahkan indikator lain pada variabel konservatisme akuntansi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: profitabilitas, leverage, growth opportunity, konservatisme akuntansi, financial distress.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 02:15
Last Modified: 30 Sep 2024 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64285

Actions (login required)

View Item View Item