PENGARUH SOCIAL SUPPORT DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017)


Siti Fadhilah, 7101417017 (2021) PENGARUH SOCIAL SUPPORT DAN SELF REGULATED LEARNING TERHADAP STUDENT ENGAGEMENT MELALUI SELF EFFICACY SEBAGAI VARIABEL INTERVENING DI MASA PANDEMI COVID-19 (Studi Kasus pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Angkatan 2017). Under Graduates thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 7101417017 - siti fadhilah.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB) | Request a copy

Abstract

Rendahnya keterlibatan mahasiswa Pendidikan Ekonomi menjadi permasalahan dalam pembelajaran. Terdapat 127 mahasiswa dinyatakan out. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis pengaruh parent support, teacher support, peer support, dan self regulated learning terhadap student engagement melalui self efficacy baik secara langsung maupun secara tidak langsung pada mahasiswa Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Pendidikan Ekonomi Universitas Negeri Semarang tahun angkatan 2017 sebanyak 272 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yaitu proportional random sampling dengan 162 responden. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif, dan analisis jalur. Hasil analisis menunjukkan student engagement, teacher support, peer support, self regulated learning, dan self efficacy dalam kategori tinggi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat pengaruh positif parent suppot, teacher support, self regulated learning, dan self efficacy terhadap student engagement. Peer support tidak berpengaruh terhadap student engagement. Terdapat pengaruh positif teacher support, peer support, dan self regulated learning terhadap self efficacy. Parent support tidak berpengaruh terhadap self efficacy. Parent support, teacher support, peer support, dan self regulated learning berpengaruh terhadap student engagement melalui self efficacy. Simpulan penelitian ini menunjukkan pengaruh positif parent support, teacher support, peer spport, dan self regulated learning berpengaruh terhadap student engagement melalui self efficacy. Saran yang dapat diberikan untuk mahasiswa sebaiknya dapat meningkatkan self efficacy dan keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Parent Support, Teacher Support, Teacher Support, Peer Support, Self Regulated Learning, Self Efficacy, Student Engagement.
Subjects: H Social Sciences > HB Economic Theory
Fakultas: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Pendidikan Ekonomi, S1
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 30 Sep 2024 01:51
Last Modified: 30 Sep 2024 01:51
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64279

Actions (login required)

View Item View Item