BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN PHET DAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA
Monika Grasiana Benta, 0403518018 (2023) BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN PHET DAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa untuk SMA kelas X pada materi Usaha dan Energi. Penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen yaitu Tru Experimental Design. Desain penelitian menggunakan pre-post test experiment desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan penilaian pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model Blended Learning adalah 0,69 dan Konvensional adalah 0,64 yang keduanya menggunakan media PhET dan alat peraga. Pembelajaran Blended Learning sedikit lebih tinggi. Pada keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah antara kelas Blended Learning menunjukkan rata-rata hasil pemahaman konsep siswa adalah 84,08 dan kelas konvensional menunjukkan rata hasil pemahaman konsep siswa adalah 82,11. Analisis uji t test independet adalah -1,02 dan signifikan 2-tailed adalah 0,31, sedangkan alpa penelitian 0,05 ini menunjukkan 0,30>0,05. Hasil signifikkan menunjukkan bahwa kelas Blended Learning lebih efektif dari kelas konvensional.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Blended Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah, PhET, Alat Peraga |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:48 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64275 |
Actions (login required)
View Item |