BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN PHET DAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA


Monika Grasiana Benta, 0403518018 (2023) BLENDED LEARNING MENGGUNAKAN PHET DAN ALAT PERAGA UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0403518018_Monika Grasiana Benta.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman konsep siswa untuk SMA kelas X pada materi Usaha dan Energi. Penelitian kuantitatif, jenis penelitian eksperimen yaitu Tru Experimental Design. Desain penelitian menggunakan pre-post test experiment desain. Instrumen yang digunakan dalam penelitian dengan menggunakan penilaian pemahaman konsep siswa. Hasil penelitian pemahaman konsep siswa dengan menggunakan model Blended Learning adalah 0,69 dan Konvensional adalah 0,64 yang keduanya menggunakan media PhET dan alat peraga. Pembelajaran Blended Learning sedikit lebih tinggi. Pada keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah antara kelas Blended Learning menunjukkan rata-rata hasil pemahaman konsep siswa adalah 84,08 dan kelas konvensional menunjukkan rata hasil pemahaman konsep siswa adalah 82,11. Analisis uji t test independet adalah -1,02 dan signifikan 2-tailed adalah 0,31, sedangkan alpa penelitian 0,05 ini menunjukkan 0,30>0,05. Hasil signifikkan menunjukkan bahwa kelas Blended Learning lebih efektif dari kelas konvensional.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Blended Learning, Pembelajaran Berbasis Masalah, PhET, Alat Peraga
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Sep 2024 06:48
Last Modified: 27 Sep 2024 06:48
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64275

Actions (login required)

View Item View Item