PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGANALISIS PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR
Diah Ayu Kusuma Putri, 0403518008 (2023) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN UNTUK MENGANALISIS PROFIL KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA MATERI KESEIMBANGAN BENDA TEGAR. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Perkembangan abad ke-21 menuntut dunia pendidikan Indonesia untuk mengenalkan peserta didik pada beberapa kemampuan, salah satunya adalah kemampuan berpikir kritis. Materi keseimbangan benda tegar yang terdiri dari topik jenis-jenis keseimbangan, syarat keseimbangan, penjumlahan torsi, dan penentuan titik berat untuk mempelajarinya diperlukan proses mengamati, menganalisis data, dan menyimpulkan yang keseluruhannya merupakan proses berpikir kritis. Hasil PISA pada tahun 2018 menunjukkan bahwa kemampuan berpikir peserta didik di Indonesia masih rendah. Rendahnya kemampuan berpikir peserta didik disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah terbatasnya instrumen penilaian yang dapat memicu kemampuan berpikir kritis peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian dan menganalisis profil kemampuan berpikir kritis peserta didik melalui materi keseimbangan benda tegar. Penelitian menggunakan metode Research and Development dengan model pengembangan Borg & Gall. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling yang merupakan teknik penentuan sampel berdasarkan pertimbangan tertentu. Sampel penelitian adalah peserta didik kelas XI MIPA SMAN 2 Bae Kudus yang telah mempelajari materi keseimbangan benda tegar. Berdasarkan analisis uji validasi ahli, validitas butir soal, reliabilitas, taraf kesukaran, dan daya beda soal diperoleh sebanyak 14 butir soal layak untuk digunakan. Hasil penelitian menunjukkan kemampuan peserta didik dalam memberikan penjelasan sederhana mencapai 64% (cukup), membangun keterampilan dasar sebesar 58% (sedang), kemampuan menyimpulkan 49% (sedang), memberikan penjelasan lebih lanjut memperoleh pencapaian sebesar 39% (rendah), dan melakukan strategi dan taktik sebesar 75% (cukup). Dengan begitu kemampuan berpikir kritis peserta didik pada materi keseimbangan benda tegar perlu ditingkatkan terutama pada aspek memberikan penjelasan lebih lanjut.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Instrumen Penilaian, Kemampuan Berpikir Kritis, Keseimbangan Benda Tegar |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:42 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:42 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64273 |
Actions (login required)
View Item |