Analisis Struktur Kognitif Konsep Interferensi dan Difraksi Cahaya pada Pembelajaran Daring Berbantuan Simulasi Virtual
Almira Syifa, 0403518006 (2023) Analisis Struktur Kognitif Konsep Interferensi dan Difraksi Cahaya pada Pembelajaran Daring Berbantuan Simulasi Virtual. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (7MB) | Request a copy |
Abstract
Pemahaman konsep peserta didik dapat diukur melalui struktur kognitif yang mereka miliki. Struktur kognitif kerangka atau susunan konsep peserta didik dibentuk oleh seseorang dengan menyerap informasi di lingkungan. Pembelajaran Fisika lebih mudah dipahami melalui pengalaman langsung berupa prakikum, utamanya untuk konsep Fisika yang abstrak akan lebih mudah dipelajari dengan visualisasi yang tepat. Salah satu media praktikum secara virtual menggunakan simulasi virtual PhET sesuai untuk digunakan dalam meningkatkan struktur kognitif peserta didik. Struktur kognitif diukur menggunakan soal peta konsep dan didukung dengan soal uraian, peta konsep menunjukkan hubungan antar konsep yang membentuk sebuah hirarki (level koneksi). Hirarki konsep yang disusun peserta didik menunjukkan struktur kognitif peserta didik. Hasil uji ANOVA satu jalur pada soal peta konsep didapatkan hasil nilai signifikansi (p)< 0.05 artinya ada perbedaan struktur kognitif antara kelompok. Nilai signifikansi (p) antar kelompok simulasi virtual dan kelompok praktikum real didapatkan hasil 0.014 sedangkan nilai signifikansi antara kelompok simulasi virtual dan kelas kontrol didapatkan hasil 0.00 artinya ada perbedaan efektivitas pembelajaran yang signifikan antar kelompok. Profil struktur kognitif peserta didik pada kelas simulasi virtual menunjukkan ada peningkatan level koneksi pada konsep difraksi dan interferensi cahaya. Level koneksi peserta didik setelah belajar berbantuan simulasi virtual pada konsep difraksi dapat menyusun konsep sampai hirarki 3 sebesar 26%, sedangkan level koneksi pada konsep interferensi dapat menyusun konsep sampai hirarki 2 sebesar 47%. Faktor-faktor yang mempengaruhi struktur kognitif peserta didik dari hasil wawancara peserta didik, yaitu; lingkungan belajar, media pembelajaran dan kematangan kognitif
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Struktur Kognitif, Difraksi dan Interferensi Cahaya, Simulasi Virtual |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QC Physics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Fisika, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:35 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:35 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64271 |
Actions (login required)
View Item |