PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN PENDIDIKAN FISIKA DAN KEBENCANAAN BERPENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY UNTUK MITIGASI BENCANA GUNUNG API
CHERLY SALAWANE, 0402615004 (2023) PENGEMBANGAN PERANGKAT PERKULIAHAN PENDIDIKAN FISIKA DAN KEBENCANAAN BERPENDEKATAN SCIENCE ENVIRONMENT TECHNOLOGY AND SOCIETY UNTUK MITIGASI BENCANA GUNUNG API. Doctoral thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Pendidikan memiliki peranan penting dalam memitigasi resiko bencana alam. Pelaksanaan program mitigasi bencana menjadi kebutuhan yang wajib dilakukan melalui jalur pendidikan formal dalam muatan kurikulum baku maupun pendidikan informal dalam program-program pembinaan masyarakat. Salah satu upaya dalam mengatasi permasalahan yang berbasis kebencanaan dalam mengurangi resiko bencana dapat dilakukan melalui pengembangan perangkat perkuliahan yang mampu mengarahkan segala bentuk aktivitas pembelajaran atau perkuliahan agar mahasiswa memiliki pemahaman tentang sains kebencanaan, perananan lingkungan, produk teknologi, serta implikasinya pada masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah menghasilkan perangkat perkuliahan Pendidikan Fisika dan Kebencanaan untuk mitigasi bencana gunung api yang valid, praktis dan efektif digunakan dalam kegiatan perkuliahan agar mampu meningkatkan pemahaman mahasiswa dalam meminimalkan resiko bencana. Perangkat perkuliahan yang dihasilkan telah divalidasi oleh ahli atau pakar. Perangkat perkuliahan hasil pengembangan mendapatkan respon “sangat baik” dari mahasiswa dan dosen sehingga praktis digunakan pada kegiatan perkuliahan. Hasil perkuliahan menunjukan ≥ 75% mahasiswa terlibat sangat aktif dalam proses perkuliahan dan ≥ 75% mahasiswa memperoleh nilai ≥ 75 (KKM) sehingga perangkat perkuliahan dinyatakan efektif. Kesimpulan penelitian pengembangan ini adalah perangkat perkuliahan Pendidikan Fisika dan Kebencanaan berpendekatan science environment technology and society untuk mitigasi bencana gunung api yang meliputi: RPS, Buku Ajar, Media Slide Presentasi, Panduan Praktikum, dan Instrumen Evaluasi Semester dinyatakan valid, praktis, dan efektif sehingga mampu meningkatkan hasil belajar mahasiswa dan menanamkan budaya sadar bencana letusan gunung api.
Item Type: | Thesis (Doctoral) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | perangkat perkuliahan, science environment technology and society, mitigasi bencana. |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Alam, S3 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:29 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:29 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64267 |
Actions (login required)
View Item |