ANALISIS KEMAMPUAN TPACK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN FISIOLOGI HEWAN DENGAN MODEL ONLINE LEARNING
Diana Putri Ristianafi, 0402520031 (2023) ANALISIS KEMAMPUAN TPACK MAHASISWA PRODI PENDIDIKAN BIOLOGI PADA PEMBELAJARAN FISIOLOGI HEWAN DENGAN MODEL ONLINE LEARNING. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (1MB) | Request a copy |
Abstract
Tujuan pendidikan di Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Usaha untuk mewujudkan tujuan pendidikan Indonesia maka seorang guru sebagai pendidik harus memahami dan memiliki kemampuan Technological Pedagogical Content Knowledge (TPACK), terutama pada kondisi pandemi Covid 19 yang mengharuskan pembelajaran dilakukan secara online. Salah satu mata kuliah yang mengembangkan kemampuan TPACK adalah Fisiologi Hewan di Jurusan Biologi Universitas Negeri Semarang. Tujuan penelitian ini:1)Mengetahui kegiatan apa saja pada pembelajaran Fisiologi Hewan berbasis projek dengan model Online Learning yang dapat menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan TPACK mahasiswa prodi Pendidikan Biologi. 2)Menganalisis tingkat kemampuan TPACK mahasiswa prodi Pendidikan Biologi setelah mengikuti pembelajaran Fisiologi Hewan berbasis projek secara Online Learning. Penelitian ini termasuk penelitian mix method dengan rancangan sekuensial eksplanatoris. Pemilihan sampel secara purposive sampling. Populasi penelitian seluruh mahasiswa jurusan Biologi. Sampel penelitian mahasiswa program studi Pendidikan Biologi rombel B dan C yang mengambil mata kuliah Fisiologi Hewan semester genap tahun ajaran 2020/2021. Hasil penelitian menunjukkan pembelajaran Fisiologi Hewan secara online dengan menggunakan tugas projek dapat menumbuhkan kemampuan TPACK pada mahasiswa prodi Pendidikan Biologi dengan hasil rerata kemampuan PK 70%, CK 76%, TK 90%, PCK 80%, TPK 93%, TCK 93% , dan TPACK 85%. Hasil tersebut menunjukkan bahwa kemampuan TK, PCK, TPK, TCK, dan TPACK termasuk kategori tinggi. Sedangkan kemampuan PK dan CK termasuk kategori sedang. Kemampuan TPACK terlihat dan teramati mulai kegiatan awal pertemuan secara online learning sampai penyelesaian tugas projek.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | TPACK, Online Learning, dan Fisiologi Hewan |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology Q Science > QL Zoology |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 06:18 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 06:18 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64261 |
Actions (login required)
View Item |