Pengaruh Pembelajaran Sejarah Dalam Materi Perkembangan Nasionalisme Indonesai Terhadap Penguatan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi Pada Kelas XI Bahasa dan Kelas XI IPS 3


Zulaikah , 3101407034 (2011) Pengaruh Pembelajaran Sejarah Dalam Materi Perkembangan Nasionalisme Indonesai Terhadap Penguatan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi Pada Kelas XI Bahasa dan Kelas XI IPS 3. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Pengaruh Pembelajaran Sejarah Dalam Materi Perkembangan Nasionalisme Indonesai Terhadap Penguatan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi Pada Kelas XI Bahasa dan Kelas XI IPS 3]
Preview
PDF (Pengaruh Pembelajaran Sejarah Dalam Materi Perkembangan Nasionalisme Indonesai Terhadap Penguatan Jiwa Nasionalisme Di Era Globalisasi Pada Kelas XI Bahasa dan Kelas XI IPS 3) - Published Version
Download (693kB) | Preview

Abstract

Era globalisasi memberikan warna yang berbeda bagi dunia pendidikan. Guru sekarang ini tugasnya tidak hanya mentransfer ilmu tetapi juga harus mentransfer nilai-nilai yang dapat diambil dari pelajaran tersebut. Apalagi di era globalisasi yang memudahkan semua nilai masuk dan berkembang di Indonesia sehingga semakin membuat rasa nasionalisme siswa berkurang. Penumbuhan kembali rasa nasionalisme tersebut dapat dilakukan melalui pembelajaran sejarah. Hal ini sesuai dengan yang dikemukakan oleh Soewarso (2000:31) bahwa melalui pembelajaran sejarah Pergerakan Nasionalisme Indonesia rasa nasionalisme dapat dimunculkan kembali. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana tingkat pengaruh pembelajaran sejarah dalam materi perkembangan nasionalisme Indonesia dalam pembelajaran sejarah terhadap penguatan jiwa nasionalisme di era globalisasi pada siswa kelas XI Bahasa? 2) Bagaimana tingkat pengaruh pembelajaran sejarah dalam materi perkembangan nasionalisme Indonesia dalam pembelajaran sejarah terhadap penguatan jiwa nasionalisme di era globalisasi pada siswa kelas XI IPS 3? 3) Bagaimana hasil komparasi pengaruh pembelajaran sejarah dalam materi perkembangan nasionalisme Indonesia dalam pembelajaran sejarah terhadap penguatan jiwa nasionalisme di era globalisasi antara siswa kelas XI Bahasa dengan siswa kelas XI IPS 3. Penelitian ini bertujuan 1) Untuk mengetahui tingkat pengaruh pembelajaran sejarah dalam materi perkembangan nasionalisme Indonesia dalam pembelajaran sejarah terhadap penguatan jiwa nasionalisme di era globalisasi pada siswa kelas XI Bahasa. 2)Untuk mengetahui tingkat pengaruh pembelajaran sejarah dalam materi perkembangan nasionalisme Indonesia dalam pembelajaran sejarah terhadap penguatan jiwa nasionalisme di era globalisasi pada siswa kelas XI IPS 3. 3) Untuk mengetahui hasil komparasi pengaruh pembelajaran sejarah dalam materi perkembangan nasionalisme Indonesia dalam pembelajaran sejarah terhadap penguatan jiwa nasionalisme di era globalisasi antara siswa kelas XI Bahasa dengan siswa kelas XI IPS 3. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran sejarah dalam materi perkembangan nasionalisme Indonesia berpengaruh terhadap penguatan jiwa nasionalisme di era globalisasi pada siswa kelas XI Bahasa dan siswa kelas XI IPS 3 SMA negeri 1 Jepara. Dari data penelitian yang diolah melalui SPSS yang menggunakan analisis regresi pengaruh yang ditimbulkan materi perkembangan nasionalisme Indonesia terhadap penguatan jiwa nasionalisme pada kelas XI Bahasa adalah 30,4% sedangkan pada kelsa XI IPS 3 sebesar 49,7%. Pengaruh yang ditimbulkan pembelajaran sejarah dalam materi perkembangan nasionalisme Indonesia terhadap penguatan jiwa nasionalisme pada kelas XI Bahasa dan kelas XI IPS 3 lebih besar pada kelas XI IPS 3. Berdasarkan hasil penelitian ini dapat disarankan bahwa pembelajaran sejarah pada materi perkembangan nasionalisme Indonesia dapat digunakan untuk penguatan jiwa nasionalisme di era globalisasi.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Perkembangan Nasionalisme Indonesia, Sikap Nasionalisme.
Subjects: D History General and Old World > DS Asia > Indonesian History
L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Fakultas: Fakultas Ilmu Sosial > Pendidikan Sejarah, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 27 Oct 2011 08:08
Last Modified: 25 Apr 2015 06:20
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/6426

Actions (login required)

View Item View Item