PENGEMBANGAN SUPLEMEN AJAR BERBASIS STEM BERBANTUAN PRAKTIKUM PEWARNAAN GRAM UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA
Rahma Yuliyani, 0402520002 (2023) PENGEMBANGAN SUPLEMEN AJAR BERBASIS STEM BERBANTUAN PRAKTIKUM PEWARNAAN GRAM UNTUK MENGOPTIMALKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DAN KETERAMPILAN PROSES SAINS MAHASISWA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (11MB) | Request a copy |
Abstract
Pada Abad ke-21 ini, salah satu peran perguruan tinggi adalah sebagai penghubung dengan perubahan pasaran kerja. Dalam Permendikbud No. 3 Tahun 2020 Pasal 11 ayat 1 dinyatakan bahwa karakteristik proses pembelajaran dalam kurikulum KKNI diantaranya adalah integratif dan saintifik. Suplemen ajar yang dikembangkan dalam penelitian ini merupakan upaya pemenuhan karakteristik integratif dan saintifik mata kuliah Mikrobiologi topik pewarnaan Gram. Penelitian ini bertujuan mengkaji validitas dan kepraktisan suplemen ajar yang dikembangkan, menganalisis optimalisasi penerapan suplemen ajar terhadap kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains, serta melihat hubungan antara keduanya. Validasi suplemen ajar dihitung menggunakan rumus indeks V Aiken dan kepraktisan suplemen ajar ditentukan oleh uji coba terbatas. Optimalisasi penerapan suplemen pembelajaran terhadap kemampuan berpikir kritis ditinjau melalui nilai N-Gain dan posttest sedangkan untuk keterampilan proses sains ditinjau melalui nilai aktivitas mahasiswa. Hubungan antara keduanya akan ditentukan berdasarkan koefisien korelasi product-moment. Penelitian dilakukan menggunakan metode riset dan pengembangan dengan model ADDIE dan metode one group pretest posttest design. Sampel penelitian berjumlah 36 orang mahasiswa kelas A semester 4 Tadris Biologi IAIN Syekh Nurjati Cirebon. Suplemen ajar yang dikembangkan memiliki nilai validitas sebesar 0,86 dan nilai kepraktisan sebesar 93,86%. Sebanyak ≥75% mahasiswa mencapai N-Gain dalam kategori minimal sedang serta mencapai nilai mutu B. Sebanyak ≥75% mahasiswa mencapai nilai aktivitas dalam kategori baik. Kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains menunjukkan koefisien korelasi sebesar 0,251. Suplemen ajar yang dikembangkan sangat valid dan sangat praktis sehingga dapat diterapkan pada sampel penelitian dengan revisi minor. Kemampuan berpikir kritis dan keterampilan proses sains berkorelasi linier dan positif dengan kriteria rendah serta keduanya dapat dioptimalkan dengan suplemen ajar pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Suplemen Ajar, STEM, Pewarnaan Gram, Kemampuan Berpikir Kritis, Keterampilan Proses Sain |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 04:02 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 04:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64254 |
Actions (login required)
View Item |