PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA


Aloysius Joko Susilo, 0402518049 (2023) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO DOKUMENTER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI INVERTEBRATA. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.

[thumbnail of 0402518049_Aloys Joko.pdf] PDF - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (6MB) | Request a copy

Abstract

Pembelajaran Invertebrata seharusnya menghadirkan objek pengamatan nyata di kelas atau laboratorium. Rata-rata hasil belajar peserta didik kelas X SMA MIPA pada tahun ajaran 2021/2022 untuk materi Invertebrata sebesar 68 dan hanya 38% yang mencapai KKM (70). Nilai sikap dan keterampilan peserta didik juga belum optimal. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis karakteristik, kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan media pembelejaran video dokumenter pada materi Invertebrata di SMA Negeri 1 Pulokulon Kabupaten Grobogan. Penelitian ini adalah research and development (R&D). Video dokumenter divalidasi oleh ahli dan praktisi. Kepraktisan ditentukan oleh respon siswa dan guru. Keefektifan video dokumenter diuji dengan desain Pretest-Posttest Control Group Desain. Data sikap dan keterampilan peserta didik diamati dengan memberikan penilaian dengan rating scale kemudian dilakukan uji t independent. Ketuntasan klasikal dianalisis dengan deskriptif persentase. uji independent t test digunakan untuk menguji apakah ada perbedaan rata rata postest antara kelompok eksperimen dengan kelas kontrol. Peningkatan N-gain hasil belajar kognitif kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan video materi Invertebrata disusun dengan mempertimbangkan aspek format, isi, bahasa, dan rekayasa media, sehingga memacu siswa dalam aktivitas diskusi kelompok untuk pemecahan masalah. Perangkat pembelajaran berupa media pembelajaran video dokumenter pada materi Invertebrata dinyatakan valid dalam kategori sangat baik. Media pembelajaran video dokumenter pada materi Invertebrata dinyatakan praktis. dengan kriteria sangat positif. Video dokumenter pada materi Invertebrata efektif terhadap hasil belajar koginitif, sikap, dan keterampilan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Media Pembelajaran, Video Dokumenter, Invertebrata
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: TUKP unnes
Date Deposited: 27 Sep 2024 03:43
Last Modified: 27 Sep 2024 03:43
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64242

Actions (login required)

View Item View Item