PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KABUPATEN JEPARA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP KONSERVASI LINGKUNGAN
Rifana Habiba, 0402518030 (2023) PENGEMBANGAN ENSIKLOPEDIA KEANEKARAGAMAN HAYATI DI KABUPATEN JEPARA SEBAGAI SUPLEMEN BAHAN AJAR UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN SIKAP KONSERVASI LINGKUNGAN. Masters thesis, UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG.
PDF
- Published Version
Restricted to Repository staff only Download (6MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik, validitas keterbacaan, kepraktisan, dan keefektifan ensiklopedia. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model Four-D (4-D) yaitu tahap define, design, develop, disseminate. Desain penelitian menggunakan one group pretest�postest design. Subjek penelitian yaitu 70 siswa kelas X MIPA di Kabupaten Jepara. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket validasi ahli pakar, angket keterbacaan dan kepraktisan ensiklopedia, dan 20 soal pilihan ganda. Produk hasil pengembangan memiliki karakteristik yang berisi keanekaragam hayati Kabupaten Jepara berisi tentang berbagai macam flora dan fauna mulai dari tingkat gen, jenis, dan ekositem. Selain ekosistem, juga terdapat pemanfaatan keanekaragaman hayati yang dilakukan oleh masyarakat sekitar. Pemanfaatan tersebut meliputi pengelolahan lahan sebagai area pertanian, sawah, karet, teh, jagung dan ketela. Kabupaten Jepara yang dikembangkan memiliki karakteristik kontekstual, fakual dan di desain sesuai dengan kebutuhan siswa. Tampilan desain ensiklopedia yang dibuat secara menarik sehingga dapat membantu siswa untuk memahami materi keanekaragaman hayati. Selain tampilan desain, materi disusun secara sistematik berdasarkan indikator dan tujuan pembelajaran. Data hasil validasi ahli materi sebesar 82,4%, ahli media sebesar 84% sehingga ensiklopedia dinyatakan valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Hasil hasil keterbacaan oleh guru diperoleh skor 94,35% dan oleh siswa sebesar 86,22% dengan kategori sangat baik, artinya ensiklopedia mudah dipahami dan terbaca dengan baik oleh guru dan siswa. Data hasil penilaian kepraktisan ensiklopedia oleh guru diperoleh skor rerata 91,67% dengan kategori sangat praktis, artinya ensiklopedia yang dikembangkan mudah digunakan dan sangat membantu siswa dalam mempelajari materi keanekaragaman hayati. Keefektifan bahan ajar ditentukan berdasarkan nilai ketuntasan klasikal, N�gain dan angket sikap konservasi. Ketuntasan klasikal hasil belajar siswa setelah menggunakan ensiklopedia dalam proses pembelajarannya sebesar 91% yang artinya tuntas secara klasikal. Uji N-gain diperoleh adalag 0,30 dengan kriteria sedang, artinya bahan ajar efektif meningkatakan hasil belajar siswa. Penilaian sikap konservasi yang diperoleh yaitu amat baik dengan rerata skor 3,56%. Simpulan pada penelitian ini adalah ensiklopedia keanekaragaman hayati sebagai suplemen bahan ajar sangat valid dan layak digunakan sebagai bahan ajar dalam pembeljaran serta efektif meningkatkan hasil belajar dan sikap konservasi siswa.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | ensiklopedia, keanekaragaman hayati, konservasi siswa |
Subjects: | Q Science > Q Science (General) Q Science > QH Natural history > QH301 Biology |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2 |
Depositing User: | TUKP unnes |
Date Deposited: | 27 Sep 2024 03:32 |
Last Modified: | 27 Sep 2024 03:32 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/64241 |
Actions (login required)
View Item |